APA ITU HYDROSALPINX? INI 7 PENYEBABNYA

May 03, 2024 | Dea

Hydrosalpinx, hydrosalpinx adalah, hydrosalpinx surgery, hydrosalpinx infertility, hydrosalpinx symptoms, hydrosalpinx causes symptoms, hydrosalpinx signs and symptoms, yesdok

Sobat Yesdok, Hydrosalpinx adalah kondisi di mana tuba falopi, saluran yang menghubungkan ovarium ke rahim, tersumbat dan terisi cairan. Kondisi ini dapat mengganggu fungsi normal tuba falopi dan seringkali menyebabkan infertilitas pada wanita.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Hydrosalpinx

Dalam proses reproduksi, tuba falopi memainkan peran penting, mengangkut sel telur dari ovarium ke rahim dan memberi tempat sperma membuahi. Ketika terjadi hydrosalpinx, cairan menumpuk di dalam tuba falopi, menyebabkan pembengkakan dan kemungkinan kerusakan. Akibatnya, sel telur yang telah dibuahi menghadapi tantangan untuk mencapai rahim, yang menyebabkan masalah kesuburan. 
 

Berikut ini beberapa penyebab umumnya, antara lain:
 

1. Penyakit Radang Panggul (PID)

Infeksi PID adalah penyakit yang sangat berbahaya yang dapat merusak tuba falopi dan menyebabkan pembentukan jaringan parut. Jika infeksi ini tidak diobati dengan baik, hal ini dapat menyebabkan hydrosalpinx, jaringan parut yang menyumbat tuba falopi dan menyebabkan penumpukan cairan di dalamnya.
 

2. Endometriosis

Kondisi yang disebut endometriosis adalah ketika jaringan yang menyerupai lapisan rahim tumbuh di luar rahim, sering kali di tuba falopi. Pertumbuhan ini dapat menyebabkan penyumbatan dan pembentukan cairan di dalam tuba falopi, yang menyebabkan hydrosalpinx.
 

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Infeksi IMS seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan PID, yang pada gilirannya dapat menyebabkan hydrosalpinx. Infeksi ini dapat menyebabkan inflamasi dan jaringan parut di tuba falopi, yang mengganggu fungsi normalnya.
 

4. Operasi Panggul

Operasi panggul, seperti operasi caesar atau pengobatan endometriosis, dapat menyebabkan jaringan parut atau adhesi di sekitar tuba falopi. Adhesi ini dapat menyumbat tuba falopi, menyebabkan hydrosalpinx.
 

5. Torsi Tuba Falopi

Torsi tuba falopi adalah ketika tuba falopi berputar, menyebabkan penyumbatan dan terhambatnya aliran darah. Jika aliran darah terputus, tuba falopi dapat membengkak dan menghasilkan hydrosalpinx.
 

6. Tumor atau Kista

Tekanan atau penyumbatan pada saluran tuba falopi dapat disebabkan oleh tumor atau kista di sekitarnya. Tekanan ini dapat mengganggu aliran normal, menyebabkan penumpukan cairan yang menyebabkan hydrosalpinx.
 

7. Anomali Anatomi

Beberapa wanita telah dilahirkan dengan struktur tuba falopi yang tidak normal, yang dapat menyebabkan penyumbatan dan penumpukan cairan. Meskipun jarang, anomali anatomi ini dapat menjadi penyebab hydrosalpinx.

Hydrosalpinx adalah kondisi yang dapat menyebabkan infertilitas dan memerlukan perawatan medis. Wanita dapat lebih sadar tentang risiko dan gejala yang mungkin jika mereka memahami penyebab umumnya. Jika anda mengalami masalah hamil atau mencurigai gejala hydrosalpinx.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.reproductivefacts.org/news-and-publications/fact-sheets-and-infographics/hydrosalpinx/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24437-hydrosalpinx

https://www.reproductivefacts.org/news-and-publications/fact-sheets-and-infographics/hydrosalpinx/

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.