APA ITU HIRSUTISM? INI 5 PENYEBAB TUMBUH KUMIS PADA WANITA

May 08, 2024 | Dea

tumbuh kumis wanita, penyebab tumbuh kumis wanita, Hirsutism, spironolactone pcos hirsutism, spearmint and hirsutism, cushing syndrome hirsutism, hirsutism meaning, yesdok

Sobat Yeesdok, Hirsutisme adalah kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan rambut yang berlebihan pada wanita, terutama pada area tubuh yang biasanya dialami oleh pria, seperti wajah, dada, punggung, dan perut bagian bawah. Salah satu gejala yang paling umum pada wanita adalah tumbuhnya kumis.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Hirsutism

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum hirsutisme atau tumbuhnya kumis pada wanita, antara lain:
 

1. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon, terutama hormon androgen (seperti testosteron), adalah penyebab paling umum hirsutisme. Kadar androgen yang tinggi pada wanita dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan. Sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan hormonal yang memengaruhi siklus menstruasi dan fungsi ovarium, sering dikaitkan dengan kondisi ini.
 

2. Genetika

Genetika juga berperan dalam hirsutisme, jika seorang wanita memiliki anggota keluarga yang menderita kondisi ini, ia juga berisiko mengembangkan kondisi tersebut. Seberapa sensitif folikel rambut terhadap hormon androgen dapat dipengaruhi oleh faktor genetik.
 

3. Obesitas 

Obesitas dapat menyebabkan produksi hormon androgen meningkat. Lemak tubuh yang berlebih juga dapat mengubah keseimbangan hormon dalam tubuh dan meningkatkan risiko hirsutisme. PCOS, yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan, juga terkait dengan obesitas.
 

4. Kondisi Medis Lainnya

Hirsutisme dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis. Ketidakseimbangan hormon dan pertumbuhan rambut yang berlebihan pada wanita dapat disebabkan oleh tumor di kelenjar adrenal atau ovarium, penyakit Cushing (di mana kadar hormon kortisol tinggi), atau hiperplasia adrenal kongenital (kelainan genetik yang memengaruhi produksi hormon).
 

5. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Efek samping obat tertentu termasuk pertumbuhan rambut yang berlebihan. Hirsutisme dapat dipicu oleh obat-obatan yang mengandung androgen atau yang merangsang produksi hormon ini. Beberapa obat-obatan ini termasuk steroid anabolik, obat untuk endometriosis, dan obat untuk epilepsi.

Kondisi medis yang dikenal sebagai hirsutisme adalah kondisi yang dapat memengaruhi kualitas hidup seorang wanita. Pengobatan dan penanganannya bergantung pada penyebab yang mendasari kondisi, dan dapat mencakup penggunaan obat untuk mengatur hormon, prosedur kosmetik untuk menghilangkan rambut, atau bahkan perubahan gaya hidup.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://medlineplus.gov/ency/article/007622.htm

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/hirsutism-excessive-hair-women

https://www.healthline.com/health/excessive-or-unwanted-hair-in-women#causes

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.