APA ITU BATU AMANDEL? INI 5 PENYEBABNYA

April 19, 2024 | Dea

batu amandel, batu amandel bau, penyebab batu amandel, batu amandel adalah, bentuk batu amandel, ciri ciri batu amandel, kenapa batu amandel bau, yesdok

Sobat Yesdok, Batu amandel juga disebut tonsilloliths atau tonsil stones, adalah kumpulan materi seperti sisa makanan, sel kulit mati, dan bakteri yang terperangkap di dalam kantong kecil di amandel. Batu amandel dapat menyebabkan gejala seperti bau mulut yang tidak sedap, nyeri tenggorokan, atau kesulitan menelan, meskipun tidak berbahaya secara medis. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Batu Amandel

Batu amandel adalah penumpukan material seperti sisa makanan, bakteri, dan sel kulit mati di dalam kantong kecil di amandel. Ketika material ini terjebak dan terkalsifikasi, mereka membentuk batu kecil yang keras.

 

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya batu amandel, antara lain:
 

1. Sisa Makanan dan Debu

Penyebab utama batu amandel adalah sisa makanan yang terjebak di kantong amandel, bersama dengan debu dan partikel lainnya.
 

2. Kandungan Kalsium Tinggi

Jika ada tingkat kalsium yang tinggi dalam air liur, hal itu dapat menyebabkan pembentukan batu amandel yang lebih cepat. Proses kalsifikasi ini serupa dengan pembentukan batu ginjal.
 

3. Bakteri dan Jamur

Pembentukan batu amandel dapat disebabkan oleh bakteri dan jamur dalam mulut. Bakteri ini dapat mengurai sisa makanan yang terperangkap dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.
 

4. Kurangnya Kebersihan Mulut

Risiko membangun batu amandel meningkat jika anda tidak menjaga kebersihan mulut, termasuk sikat gigi yang tidak teratur atau tidak benar.
 

5. Masalah Kesehatan Tonsil

Ada kemungkinan bahwa beberapa orang memiliki tonsil yang lebih dalam atau besar dari biasanya, yang meningkatkan kemungkinan pembentukan batu amandel. Kondisi medis seperti tonsilitis kronis atau infeksi amandel berulang juga dapat memperburuk masalah ini.

Penumpukan material di kantong kecil di amandel yang dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan gejala lainnya dikenal sebagai batu amandel. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21505-tonsil-stones

https://www.healthdirect.gov.au/tonsil-stones

https://www.healthline.com/health/bad-breath-tonsillitis

YesDok Ads