Seksualitas
Dewasa
+1

APA ITU AFTERPLAY SETELAH BERCINTA? SIMAK 6 MANFAATNYA YUK

January 31, 2024 | Dea

apa yang dilakukan setelah berhubungan, apa yang harus dilakukan setelah berhubungan intim, hal yang dilakukan setelah berhubungan, afterplay, pillowtalk, foreplay, aftersex, yesdok

Sobat Yesdok, bercinta tidak hanya tentang kepuasan fisik, itu juga tentang hubungan emosional dan keintiman. Pasangan sering mengabaikan fase setelah momen puncak gairah, yang dikenal sebagai afterplay. Afterplay adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan setelah bercinta untuk memperkuat ikatan fisik dan emosional yang mereka miliki satu sama lain. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Manfaat Afterplay

Berikut ini beberapa manfaat melakukan afterplay usai bercinta dengan pasangan, antara lain:
 

1. Meningkatkan Koneksi Emosional

Hormon oksitosin, yang juga disebut sebagai hormon cinta atau kebahagiaan, dilepaskan saat bercinta. Afterplay memberi pasangan waktu untuk berbicara satu sama lain, berbagi perasaan mereka, dan membangun hubungan yang lebih kuat.
 

2. Reduksi Stres

Setelah bercinta, sentuhan lembut, pelukan, dan keintiman dapat memicu pelepasan hormon endorfin, yang dapat menenangkan.
 

3. Pembicaraan Terbuka

Afterplay memberikan kesempatan bagi masing-masing pasangan untuk berbicara tentang preferensi, keinginan, dan harapan mereka terkait kehidupan seksual mereka. Ini menciptakan lingkungan di mana komunikasi yang terbuka dan jujur dapat berkembang.
 

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memberikan pujian atau komentar positif setelah bercinta dapat meningkatkan kepercayaan diri pasangan. Memberikan perhatian setelah berhubungan intim juga dapat membuat pasangan merasa dihargai dan diinginkan.
 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah aktivitas seksual, tubuh seringkali dalam keadaan rileks. Pelukan dan kebersamaan setelah aktivitas seksual dapat membantu pasangan tidur lebih baik dan merasa lebih tenang dan rileks.
 

6. Memperkuat Hubungan Fisik

Hormon dopamin dilepaskan saat bercinta, yang menyebabkan orang merasa senang dan puas. Pasangan dapat memperdalam hubungan mereka dan terus menikmati keintiman fisik dengan afterplay.

Langkah pertama menuju hubungan yang lebih baik adalah memahami betapa pentingnya afterplay. Anda merayakan kebahagiaan fisik dan emosional dalam hubungan dengan memberikan perhatian dan waktu setelah bercinta.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.thehealthsite.com/sexual-health/reasons-you-must-engage-in-afterplay-post-sex

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/insight-therapy/201408/the-surprising-science-pillow-talk

https://www.lybrate.com/topic/5-afterplay-moves-to-end-it-with-a-bang

YesDok Ads