ANAK ALERGI SUSU SAPI, SIMAK DAMPAKNYA YUK

November 23, 2023 | Dea

alergi susu sapi, alergi susu formula, ciri ciri bayi alergi susu sapi, bayi alergi susu sapi, penyebab alergi susu sapi, tanda bayi alergi susu formula, yesdok

Sobat Yesdok, khususnya bagi anda yang baru saja memiliki bayi wajib tahu bahwa beberapa bayi dapat mengalami alergi susu sapi. Hal ini memang jarang terjadi, namun cukup biasa diperbincangkan. Meskipun alergi susu sapi dapat bereaksi buruk bagi tubuh bayi, namun moms tidak perlu khawatir, pasalnya anda dapat menandai beberapa gejalanya agar alergi tidak menjadi kronis.

Oleh karena itu, Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Penyebab Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi merupakan suatu respons sistem imun tubuh terhadap protein tertentu yang terdapat dalam susu sapi. Protein yang menyebabkan alergi terhadap susu sapi yaitu kasein dan whey. Alergi susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa (ketidakmampuan tubuh untuk mencerna gula susu atau laktosa). Alergi susu sapi memicu reaksi pada tubuh dan dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Sistem imun tubuh akan bereaksi terhadap pemicunya yang disebut sebagai alergen. Sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan antibodi yang menghasilkan alergen. Hal ini dapat memicu reaksi inflamasi dan pelepasan zat kimia, histamin yang menyebabkan gejala alergi. 
 

Berikut merupakan beberapa kemungkinan yang terjadi saat anak alergi susu sapi, antara lain:
 

Paparan Protein Susu Sapi

Alergi ini dimulai dengan paparan tubuh terhadap protein susu sapi. Ini bisa terjadi melalui konsumsi langsung produk susu, seperti susu, keju, atau yogurt, atau melalui makanan dan produk yang mengandung susu sebagai bahan.
 

Reaksi Kekebalan Tubuh

Pada individu yang alergi susu sapi, sistem kekebalan tubuh merespons protein tersebut sebagai benda asing atau ancaman. Ini menyebabkan pelepasan histamin dan zat-zat kimia lainnya yang memicu gejala alergi.

Penting untuk diingat bahwa reaksi alergi dapat terjadi dalam hitungan menit setelah paparan, atau mungkin lebih lama. Beberapa reaksi alergi mungkin melibatkan satu sistem tubuh, sementara yang lain dapat memengaruhi beberapa sistem tubuh secara bersamaan.

 

 

Gejala Alergi Susu Sapi

Berikut ini beberapa gejala saat anak mengalami alergi susu sapi, antara lain:
 


 

Jika Anda mencurigai adanya alergi susu pada diri sendiri atau anak Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli alergi untuk evaluasi dan manajemen yang tepat. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/milk-allergy/symptoms-causes/syc-20375101

https://kidshealth.org/en/parents/milk-allergy.html

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/cows-milk-allergy

 

YesDok Ads