ABANDONMENT ISSUES: SELALU DIABAIKAN, SIMAK DAMPAKNYA BAGI MENTAL!

November 29, 2023 | Dea

abandonment issues adalah, abandontment artinya, abandonment counseling, fear of abandonment, abandon adalah, arti abandon, ditinggal pasangan, pengabaian adalah, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa seseorang dapat merasa begitu tidak berarti dan hampa dalam hidupnya karena selalu ditinggalkan dan diabaikan dalam hidupnya. Selain  itu, seseorang akan lebih rentan mengalami  emotional pain dan passive suicidal thoughts cepat atau lambat. Banyak hal lainnya yang dapat membuat seseorang menjadi tidak berdaya dan putus asa dalam menjalani hidup.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

8 Dampak Abandonment Issues

Masalah pengabaian, juga dikenal sebagai masalah ketakutan, adalah kondisi psikologis di mana seseorang mengalami kecemasan, ketakutan, atau kekhawatiran yang kemungkinan besar disebabkan oleh seseorang yang ia sukai atau iri padanya. Orang yang mengalami masalah pengabaian cenderung kurang harmonis dalam hubungan interpersonal mereka, dan hal ini dapat berdampak negatif pada banyak aspek kehidupan mereka, termasuk hubungan pribadi, hubungan profesional, dan kesehatan emosional secara keseluruhan.

Penyebab kesulitan pengabaian dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti ketidakmampuan untuk mencapai tujuan yang signifikan seperti pernikahan, menjadi orang tua, atau tujuan-tujuan penting lainnya. Faktor-faktor seperti ketidakstabilan emosi, trauma, atau kurangnya stabilitas dalam suatu hubungan juga dapat berperan dalam perkembangan masalah ini. Individu yang mengalami masalah pengabaian dapat menunjukkan gejala-gejala seperti kesulitan membentuk hubungan yang dekat, kesulitan mengatasi rasa sakit emosional, atau rasa tidak nyaman yang terus berlanjut.

Masalah kesehatan mental yang berkaitan dengan pengabaian, juga dikenal sebagai gangguan tinggalkan. Berikut ini merupakan beberapa dampak yang muncul akibat abandonment issues bagi mental, antara lain: 
 

Kecemasan dan Ketakutan Kronis

Masalah ditinggalkan dapat menyebabkan kecemasan yang berkepanjangan. Sebuah artikel yang diterbitkan di Medical News Today menjelaskan bahwa rasa takut ditinggal dapat menjadi sumber kecemasan yang konsisten, mengurangi kemampuan seseorang untuk merasa aman dalam situasi sosial dan hubungan interpersonal.

 

Depresi dan Asa Putus Asa

Menurut CPTSD Foundation, kesulitan untuk meninggalkan dalam jangka panjang dapat secara signifikan memperburuk gejala depresi. Keyakinan yang terus menerus bahwa seseorang tidak mau menyerah atau tidak disiplin dapat menyebabkan kebanggaan dan hilangnya minat pada kegiatan yang sebelumnya ditekuni.
 

Sulitnya menciptakan hubungan yang sehat

Masalah pengabaian dapat secara signifikan mengganggu kemampuan seseorang untuk membentuk dan mempertahankan hubungan yang sehat. Choosing Therapy menegaskan bahwa pemikiran negatif dapat menyebabkan interaksi sosial yang positif dan ledakan emosi pada pelajar.

 

Sendiri dan Gangguan Identitas

Dalam jangka pendek, masalah pengabaian dapat mengakibatkan ketidakstabilan dalam identitas seseorang. Menurut CPTSD Foundation, orang mungkin merasa sulit untuk mempertahankan citra diri yang positif dan konsisten sebagai akibat dari episode ketidakpastian yang terjadi secara terus-menerus.

 

Merusak Diri Sendiri (Self Sabotage)

Munculnya sabotase diri adalah masalah sekunder yang mungkin timbul dari kesulitan pengabaian. Orang dengan masalah ini, seperti yang dijelaskan oleh CPTSD Foundation, mau tidak mau menggunakan pemikiran positif dan hubungan yang baik sebagai cara untuk melindungi diri mereka sendiri dari emosi yang menyakitkan.
 

Isolasi Sosial dan Politik

Namun hal tersebut dapat memicu perilaku mengisolasi diri. Menurut Medical News Today, mereka yang berjuang dengan pengabaian dapat beralih ke dukungan sosial untuk mengatasi perasaan sedih dan dendam.
 

Gangguan Makan dan Kesehatan Fisik

Masalah pengabaian tidak hanya berdampak pada kesehatan mental. Menurut CPTSD Foundation, orang dengan masalah semacam ini mungkin mengalami gangguan makan dan masalah kesehatan fisik lainnya sebagai reaksi terhadap stres kronis.
 

Masalah pengabaian bukan hanya lubang hitam emosional, masalah ini juga mencakup aspek-aspek yang dapat dikaitkan dengan berbagai aspek kesehatan mental dan fisik seseorang. Memanfaatkan peredam ini adalah langkah pertama untuk menyelesaikan masalah ini. Dengan lingkungan yang mendukung, seperti terapi psikologis dan dukungan sosial yang positif, orang-orang dengan masalah pengabaian dapat memulai perjalanan menuju kesehatan mental yang lebih baik.

 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena penyebab ini dapat membuatnya rentan mengidap gangguan mental di masa depan. 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/abandonment-issues#seeking-help

https://cptsdfoundation.org/2021/02/25/the-long-term-effects-of-abandonment/

https://www.choosingtherapy.com/abandonment-issues/

 

YesDok Ads