8 TIPS AGAR DAPAT MENJADI AYAH ASI TERBAIK, LAKUIN INI DADS!

January 04, 2024 | Dea

ayah ASI adalah, menjadi ayah ASI, tips menjadi ayah ASI, cara menjadi ayah ASI, breastfeeding father, breastfeeding adalah, breastfeeding artinya, lactating adalah, yesdok

Sobat Yesdok, menjadi seorang ayah yang mendukung proses menyusui (ASI) adalah hal yang sangat penting bagi kesejahteraan ibu dan bayi. Dukungan ayah dapat membuat proses menyusui lebih mudah dan memberikan dampak positif bagi seluruh keluarga. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

8 Tips Menjadi Ayah ASI

Berikut ini beberapa tips bagi ayah agar menjadi pendukung terbaik dalam menyusui, antara lain:
 

1. Edukasi Diri Tentang Manfaat ASI 

Mengetahui manfaat ASI adalah langkah awal yang sangat penting untuk menjadi ayah. Pelajari manfaat ASI untuk ibu dan bayi, serta cara ASI dapat mendukung perkembangan bayi secara optimal.
 

2. Berpartisipasi dalam Kursus Persiapan Menyusui

Ayah akan lebih memahami proses menyusui dan mendukung ibu lebih baik jika mereka menghadiri kursus atau sesi persiapan menyusui bersama pasangan.
 

3. Dukung Keputusan Ibu untuk Menyusui

Setiap ibu berhak untuk memilih bagaimana memberi makan bayi mereka. Memberikan semangat dan dukungan selama proses menyusui adalah cara terbaik untuk mendukung keputusan ibu untuk menyusui.
 

4. Bantu dengan Tugas Rumah Tangga

Banyak energi dan waktu diperlukan untuk menjadi orang tua baru. Bantu ibu menyelesaikan tugas rumah tangga dan tanggung jawab lainnya sehingga dia dapat mencurahkan waktu dan perhatian pada menyusui dan perawatan bayinya.
 

5. Beri Dukungan Emosional

Berikan dukungan emosional kepada pasangan. Ibu mungkin lelah dan stres karena menjadi orang tua baru, jadi pastikan anda hadir untuk mendengarkan dan memberikan dukungan positif.
 

6. Ikut Campur dalam Perawatan Bayi

Jangan ragu untuk langsung terlibat dalam perawatan bayi. Bermain dengan bayi, ganti popok, dan mandi. Ini tidak hanya membantu ibu, tetapi juga meningkatkan hubungan ayah-anak.
 

7. Berpartisipasi dalam Sesi Menyusui

Ajak ibu Anda untuk memberikan dukungan moral selama proses menyusui. Untuk membuat momen lebih akrab dan signifikan, ajukan pertanyaan atau berbicaralah.
 

8. Pahami Tanda-tanda Kehausan dan Kelaparan Bayi 

Tunjukkan bahwa Anda tertarik untuk mempelajari tanda-tanda kelaparan dan kehausan bayi, dengan memahami kebutuhan bayi, Anda dapat memberikan dukungan yang lebih baik.
 

Menjadi ayah yang mendukung dalam menyusui adalah investasi dalam kesehatan dan kebahagiaan keluarga. Dengan berpartisipasi aktif dan memberikan dukungan penuh kepada ibu dan bayi, anda dapat menjadi ayah ASI terbaik yang membuat perjalanan menjadi orang tua baru lebih lancar dan bermakna.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi yang terbaik, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.verywellfamily.com/a-guide-to-breastfeeding-for-dads-4155912

https://www.nct.org.uk/baby-toddler/feeding/tips-for-dads-and-partners/how-can-dads-and-partners-support-breastfeeding

https://www.fathersnetwork.org.uk/tips_for_dads_during_after_the_birth

 

YesDok Ads