8 TANDA SMILING DEPRESSION, TANDANYA SELALU MERASA SOK KUAT

January 09, 2024 | Dea

smiling depression adalah, senyum sedih, bahasa tubuh orang depresi, senyum joker, senyum kesedihan, senyuman joker, senyuman menutupi kesedihan, yesdok

Sobat Yesdok, depresi adalah masalah kesehatan mental yang kompleks dan seringkali sulit untuk dikenali. Beberapa orang mengalami depresi dengan gejala yang tidak terlihat oleh orang lain atau bahkan diri mereka sendiri. Salah satu bentuk depresi yang paling sulit dideteksi adalah depresi tersenyum atau tersenyum. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Tanda Smiling Depression

Berikut ini beberapa tanda atau gejala smiling depression yang terjadi, antara lain:


1. Senyum Palsu yang Terus-Menerus

Seseorang dengan smiling depression mungkin terlihat ceria di permukaan, tetapi senyum mereka terasa palsu dan tidak mencerminkan keadaan emosional sebenarnya. Mereka dapat menyembunyikan perasaan mereka dengan sangat baik, membuatnya sulit untuk orang lain melihat tanda-tanda depresi.
 

2. Keterampilan Menyembunyikan Emosi 

Orang-orang yang mengalami depresi senyum memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyembunyikan emosi mereka. Mereka dapat terlihat sangat pandai menyembunyikan kesedihan, kelelahan, atau kekurangan emosional mereka dari orang-orang yang mereka sayangi.
 

3. Perfeksionis yang Berlebihan

Perilaku perfeksionis yang berlebihan adalah tanda lain dari depresi senyum. Mereka mungkin menggunakan standar yang tinggi sebagai cara untuk menghindari perasaan negatif mereka.
 

4. Kesenangan yang Berkurang

Orang dengan depresi senyum mungkin terlihat bahagia di luar, tetapi mereka cenderung kehilangan minat pada hal-hal yang mereka sukai sebelumnya, yang dapat menyebabkan mereka merasa lelah dan kosong.
 

5. Kebosanan dan Kelelahan Kronis 

Smiling depression seringkali disertai dengan kelelahan fisik dan mental yang konstan. Meskipun mereka tampaknya penuh energi, mereka selalu merasa lelah.
 

6. Perubahan Pola Tidur 

Tanda-tanda depresi senyum dapat termasuk masalah tidur, baik itu kesulitan tidur atau tidur berlebihan. Perubahan ini dapat berdampak pada kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.
 

7. Ketidakmampuan Mengungkapkan Perasaan 

Mereka yang mengalami depresi senyum sering menghadapi kesulitan untuk berbicara langsung dengan orang lain dan menceritakan apa yang mereka rasakan. Mereka mungkin merasa sulit untuk mengatakan apa yang mereka rasakan atau bahkan mengetahui apa yang mereka rasakan.
 

8. Isolasi Sosial

Mereka tampak aktif secara sosial, tetapi di dalamnya mereka cenderung merasa kesepian dan terisolasi. Untuk mengatasi depresi senyum, langkah pertama adalah mengakui rasa sakit dan meminta dukungan dari teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental anda. Terapi kognitif perilaku (CBT) dan beberapa obat juga dapat membantu mengelola gejala depresi senyum.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.verywellmind.com/what-to-say-when-someone-is-depressed-1067474

https://www.healthline.com/health/depression

https://www.medicalnewstoday.com/articles/8933#definition

 

YesDok Ads