8 PENYEBAB MENSTRUASI GAK TERATUR, KOK BISA SIH?

December 18, 2023 | Dea

terlambat menstruasi, kenapa datang bulan terlambat, apa penyebab menstruasi telat, kenapa menstruasi sering telat, kenapa wanita telat datang bulan, penyebab haid datang terlambat, sering telat haid, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa menstruasi yang tidak teratur dapat membuat banyak wanita khawatir karena dapat menunjukkan ketidakseimbangan hormon atau kondisi medis tertentu. Memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi memungkinkan anda untuk mengatasi dan menavigasi masalah kesehatan ini. 

Oleh Karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

8 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Berikut ini beberapa penyebab menstruasi tidak teratur, antara lain:

 

1. Stres Fisik atau Emosional

Stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi secara signifikan. Stres fisik, seperti penyakit berat atau kelelahan, dan stres emosional, seperti masalah hubungan atau tekanan kerja, dapat menyebabkan perubahan hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi.
 

2. Gangguan Makan

Gagal makan, seperti anoreksia atau bulimia, dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali.
 

3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah kondisi yang sering menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Kondisi ini berhubungan dengan produksi hormon yang tidak seimbang, yang menyebabkan pertumbuhan kista di dalam ovarium.
 

4. Perubahan Berat Badan yang Drastis

Perubahan berat badan yang signifikan, seperti penurunan berat badan atau peningkatan berat badan, dapat mengganggu produksi hormon dan menyebabkan ketidakseimbangan, yang berdampak pada siklus menstruasi.
 

5. Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Sindrom amenore olahraga adalah gangguan siklus menstruasi yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens dan tidak memberikan nutrisi yang cukup.
 

6. Penggunaan Kontrasepsi Hormonal

Siklus menstruasi beberapa wanita berubah saat mereka memulai atau menghentikan penggunaan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB atau suntik KB.
 

7. Masalah Kesehatan Reproduksi

Menstruasi tidak teratur dapat disebabkan oleh masalah kesehatan reproduksi seperti endometriosis, fibroid uterus, atau infeksi panggul.
 

8. Perimenopause atau Menopause

Selama periode sebelum menopause, atau perimenopause, siklus menstruasi seringkali tidak teratur. Setelah menopause, menstruasi berhenti sama sekali.

 

Ingatlah bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur dapat menunjukkan masalah kesehatan yang perlu ditangani. Jika Anda mengalami perubahan signifikan dalam siklus menstruasi Anda atau jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda. 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14633-abnormal-menstruation-periods

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322643#pcos

https://www.healthdirect.gov.au/irregular-periods

https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/womens-health/2020/november/irregular-periods-why-is-my-period-late

 

YesDok Ads