8 MULTIPLE INTELLIGENCES, KECERDASAAN BUKAN HANYA AKADEMIK

September 21, 2023 | Dea

Kecerdasan, multiple, intelligence, kemampuan, psikologis, akademis, emosional

Sobat YesDok, anda pasti bingung dengan perkembangan anak anda yang kesulitan dalam belajar akademis. Namun disisi yang lain dirinya sangat tanggap dalam aktivitas fisik seperti menari, berolahraga, menggambar ataupun mempraktikan bela diri.


Disisi yang lain anak anda sangat persuasif dan mahir dalam public speaking, bernyanyi ataupun berakting. Hal ini tentu saja termasuk dari kategori kecerdasan yang dimiliki anak. Sehingga sebagai orang tua anda harus mampu memahami kemampuan dan gaya belajar anak anda.

Agar tidak salah dalam menerapkan pola asuh anak yang dapat berdampak fatal bagi perkembangan psikologisnya di masa depan, sebaiknya anda menyimak penjelasan terkait kecerdasan majemuk di bawah ini, sebagai berikut.



8 Kecerdasan Majemuk / Multiple Intelligences


Kecerdasan majemuk merupakan teori psikologi Howard Gardner terkait manusia dan beragam jenis kecerdasannya. Dikutip dari simplypsychology.org bahwa Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai potensi biopsikologis yakni memproses informasi yang dapat diaktifkan dalam lingkungan dan budaya hidup agar dapat memecahkan masalah serta menciptakan produk yang bernilai dalam satu budaya. (Garder, 2000, hal.28).


Dalam hal ini kecerdasan manusia berbeda-beda dan terklasifikasi sebagaimana mestinya yang tidak dapat diukur dari akademik saja, terdapat berbagai kecerdasan yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan.



Berikut ini merupakan tipe-tipe kecerdasan yang ada pada diri seseorang, antara lain:



  • Kecerdasan Linguistik (Kecerdasan Berbahasa)

Kecerdasan ini berhubungan dengan kepekaan terhadap bahasa, lisan dan tulisan. Ahli dalam menguasai dan mempelajari bahasa dan kapasitas menggunakan bahasa untuk mencapai tujuan tertentu. Seseorang dengan kemampuan ini akan sangat berbakat dalam profesi sebagai penulis, jurnalis, pengacara, kurator, presenter, dan pengajar. Seseorang dengan kemampuan ini sangat ahli dalam :


  • Membaca dan menulis
  • Sangat mudah mempelajari bahasa asing
  • Setiap perkataannya persuasif
  • Mampu menjabarkan segala sesuatu dengan sangat baik


  • Kecerdasan Logis / Matematis

Seseorang dengan kecerdasan ini mampu menganalisis hubungan sebab akibat dengan logika dan pendekatan ilmiah. Ia akan cenderung bereksperimen dan mengeluarkan pendapat secara ilmiah dan sangat solutif. Seseorang dengan kemampuan ini sangat berbakat menjadi ilmuan, programmer, teknisi dan akuntan.


  • Kecerdasan Visual / Spasial

Seseorang dengan kemampuan ini berbakat dalam memvisualisasikan segala hal, mereka tertarik terhadap sudut pandang. Mampu menafsirkan gambar, grafik, teka-teki, melukis dan sangat menikmati seni visual. Seseorang dengan kemampuan ini dapat berprofesi sebagai artis, arsitek dan insinyur.


  • Kecerdasan Kinestetik

Seseorang dengan kemampuan ini sangat berbakat dengan hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik, seperti olahraga, menari dan bela diri. Mereka memiliki kemampuan motorik dan keterampilan fisik diatas rata-rata. Seseorang dengan bakat ini sangat cocok menjadi atlet dan aktor.


  • Kecerdasan Musik

Seseorang dengan kemampuan ini sangat peka terhadap nada, suara, melodi dan ritme. Ia juga sangat mahir memainkan alat musik. Mereka akan selalu mengekspresikan dirinya lewat musik. Seseorang dengan kemampuan ini sangat cocok menjadi penyanyi, komposer dan konduktor.



  • Kecerdasan Interpersonal

Seseorang dengan kemampuan ini memiliki kepekaan dan sensitifitas yang tinggi terhadap perasaan dan sangat ahli dalam menyesuaikan diri. Ia sangat suka menolong orang lain. Seseorang dengan kemampuan ini berpotensi menjadi filsuf, konselor dan psikolog.


  • Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan ini sama seperti interpersonal namun lebih mengarah kepada kemampuan diri sendiri. Ia sangat cocok menjadi psikolog, filsuf dan ahli teori.


  • Kecerdasan Naturalistik

Orang yang memiliki kecerdasan ini sangat mampu bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ia sangat cocok menjadi ahli biologi dan konservasionis.




Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir jika kemampuan anak anda berbeda dari kemampuan orang lain. Karena sejatinya manusia diciptakan memiliki keunikan dan kemampuan masing-masing.



REFERENSI


https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/264/type-kecerdasan

https://www.simplypsychology.org/multiple-intelligences.html

https://vikaspedia.in/education/education-best-practices/multiple-intelligence-theory

YesDok Ads