Diet
+1

8 MANFAAT JAGUNG REBUS BAGI KESEHATAN

December 07, 2023 | Dea

Manfaat air rebusan jagung, manfaat jagung rebus untuk ibu hamil, manfaat jagung rebus untuk asam lambung, manfaat rebusan jagung, manfaat jagung untuk cacar, manfaat jagung untuk diet, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa jagung memberikan banyak manfaat dan nutrisi yang tinggi bagi kebutuhan sehari-hari tubuh? mengonsumsi jagung sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh, terkenal tinggi akan serat dan kaya akan antioksidan dan rasanya yang manis dan segar membuatnya sangat digemari oleh sebagian besar orang. Sehingga anda perlu untuk mengetahui manfaat jagung bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Jagung telah menjadi bagian penting dari banyak budaya makanan di seluruh dunia dan merupakan sumber nutrisi yang luar biasa. Selain rasanya yang lezat, jagung memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan. 

Berikut ini beberapa hal terkait manfaat jagung dalam kesehatan, antara lain:
 

1. Sumber Serat yang Baik 

Serat yang tinggi dalam jagung rebus membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu mengontrol gula darah dan kolesterol.
 

2. Kandungan Antioksidan Tinggi

Menurut Sistem Kesehatan Mayo Clinic, jagung mengandung antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein, yang membantu melindungi mata dan melawan radikal bebas.
 

3. Sumber Energi dan Karbohidrat 

Jagung mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi jangka panjang, jadi itu adalah makanan yang bagus untuk menjaga energi Anda tetap stabil sepanjang hari.
 

4. Mendukung Kesehatan Jantung 

Jagung mengandung fitosterol, senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, mendukung kesehatan jantung, menurut Medical News Today.
 

5. Menyediakan Nutrisi Penting

Jagung mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B, folat, magnesium, dan fosfor yang diperlukan tubuh untuk berfungsi dengan baik.
 

6. Mengandung Asam Folat  untuk Ibu Hamil

Jagung mengandung asam folat, yang berperan penting dalam perkembangan sel dan jaringan, sehingga sangat baik untuk ibu hamil.
 

7. Menyokong Pengelolaan Berat Badan

Jagung mengandung banyak serat, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu Anda mengelola berat badan dan mencegah Anda makan terlalu banyak.
 

8. Mengandung Zat Besi 

Tubuh membutuhkan mineral zat besi untuk mengangkut oksigen, dan jagung adalah sumber zat besi yang baik yang membantu sel dan jaringan tetap sehat.
 

Jagung rebus tidak hanya lezat tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Karena kaya serat, antioksidan, dan nutrisi esensial lainnya, jagung bagus untuk pencernaan, melawan radikal bebas, mendukung kesehatan jantung, dan memberikan energi yang tahan lama. Jadi, masukkan jagung rebus ke dalam menu Anda untuk menikmati manfaat kesehatan ini sepenuhnya.



 

REFERENSI

https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/corn-a-versatile-nutrition-choice

https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-corn

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324199

 

YesDok Ads