8 CARA TINGKATKAN SOCIAL SKILLS, PERLUAS RELASIMU YUK!

December 01, 2023 | Dea

Social skill adalah, social skills training, empati, percaya diri, interaksi sosial, cara meningkatkan social skill, delayed social skills, how to train social skills, terapi social skill training, yesdok

Sobat Yesdok, memiliki kemampuan bersosialisasi merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam menjalani kehidupannya. Karena kemampuan ini dapat mendorong seseorang berkembang dan tumbuh lebih baik. Ketika seseorang ingin meningkatkan kualitas dirinya, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melatih diri agar dapat berinteraksi dengan baik disekitarnya. Namun, bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan sosial tersebut?

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Cara Tingkatkan Social Skills

Keterampilan sosial yang baik sangat penting untuk menciptakan hubungan yang sehat dan sukses dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sebagian besar orang, kemampuan ini datang secara alami, tetapi bagi sebagian lainnya, dibutuhkan usaha dan kesadaran diri untuk memperkuat ikatan sosial mereka. 
 

Berikut ini adalah beberapa strategi efektif yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan sosial Anda, antara lain:

 

1. Melatih Diri Berempati

Langkah pertama untuk menjadi pribadi sosial yang baik adalah menunjukkan empati. Dengan memahami pengalaman orang lain, memperkuat hubungan emosional Anda dan menciptakan ikatan yang lebih dalam dengan mereka. Hal ini dapat dimulai dengan mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan empati terhadap emosi subjek pada usia dini adalah cara yang baik untuk memulai. Sama halnya dengan orang tua, memahami penderitaan dan kesusahan mereka juga dapat membantu menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan mereka.
 

2. Berbicara dengan Percaya Diri

Menyadari diri sendiri dalam suatu hubungan adalah langkah pertama untuk membuat seseorang merasa nyaman di dekat anda. Berlatihlah menggunakan bahasa tubuh yang positif dan berbicara dengan cara yang jelas dan ringkas. Memperbaiki penampilan fisik dan mempelajari bahasa tubuh yang mencerahkan dapat membantu meningkatkan sikap positif seseorang terhadap orang lain.

 

3. Aktif Mendengarkan

Komponen penting dari interaksi sosial adalah aktivitas. Ketika seseorang benar-benar merasa tersakiti, dirinya harus mengungkapkan kesedihan kepada orang yang menyakiti dan meningkatkan pemahaman tentang informasi yang dibagikan. Yang dimaksud dengan "mendengarkan secara reflektif" adalah kembali dan mempertimbangkan kembali apa yang dikatakan orang lain untuk memastikan bahwa pemahaman kita akurat.
 

4. Pahami Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh adalah alat komunikasi yang sangat kuat. Menganalisis ekspresi wajah, postur tubuh, dan gaya berjalan anda dapat membantu anda memahami apa yang dikatakan orang lain dengan lebih jelas. Pahamilah bahwa bahasa tubuh tidak hanya penting dalam komunikasi verbal, tetapi juga dapat memberikan wawasan tentang pikiran dan perasaan seseorang.

 

5. Bangun Koneksi Melalui Kepentingan Bersama

Membangun koneksi dengan orang lain bisa lebih mudah jika anda menemukan kepentingan bersama. Cari topik percakapan yang dapat menciptakan ikatan, seperti hobi atau minat yang sama. Hal ini dapat membantu merasa lebih nyaman dalam berinteraksi dan memperkuat hubungan sosial.
 

6. Terlibat dalam Aktivitas Kelompok

Berpartisipasi dalam aktivitas kelompok dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan berbagai orang. Pentingnya aktivitas kelompok dalam pengembangan keterampilan sosial anak-anak. Prinsip ini juga dapat diterapkan pada orang dewasa, dengan terlibat dalam klub atau kelompok yang sesuai dengan minat.
 

7. Kelola Konflik dengan Bijaksana

Konflik adalah bagian alami dari hubungan sosial. Harus dipahami bagaimana seseorang memahaminya. Salah satunya  penting untuk mengajarkan anak-anak cara menyelesaikan konflik secara sehat. Hal ini mencakup pemahaman bahwa setiap orang memiliki perasaan dan pandangan yang berbeda, serta pentingnya mencari solusi bersama.

 

8. Kembangkan Kesadaran Diri

Kesadaran diri merupakan kunci untuk memahami bagaimana perilaku dan sikap memengaruhi orang lain. Mengajarkan anak-anak tentang pentingnya memahami dan mengelola emosi mereka. Begitu juga, bagi orang dewasa, memiliki kesadaran diri akan membantu seseorang menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain.

 

Dengan menerapkan delapan langkah ini, seseorang dapat memperkuat keterampilan sosial dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang-orang di sekitar. Ingatlah bahwa membangun keterampilan sosial membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi dengan tekad dan kesadaran diri dengan mencapai perkembangan yang signifikan.



 

REFERENSI

https://www.lifehack.org/articles/communication/12-ways-improve-social-skills-and-make-you-sociable-anytime.html

https://www.learninglinks.org.au/resources/how-to-improve-social-skills/

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/preschool/Pages/Social-Development-in-Preschoolers.aspx

 

YesDok Ads