7 TEKNIK PERSUASIF MEYAKINKAN ORANG DALAM PSIKOLOGI

January 31, 2024 | Dea

teknik komunikasi persuasif, metode persuasif, cara persuasif, komunikasi persuasif, kemampuan persuasi, persuasif adalah, persuade artinya, persuasif artinya, yesdok

Sobat Yesdok, kemampuan persuasif sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, seperti di tempat kerja, dalam hubungan sosial, atau dalam situasi sehari-hari. Penelitian psikologi menemukan bahwa ada banyak teknik persuasif yang dapat membantu anda menjadi lebih meyakinkan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Teknik Persuasif 

Berikut ini beberapa teknik yang dapat anda terapkan dalam berkomunikasi untuk meyakinkan orang lain dalam psikologi, antara lain:
 

1. Prinsip Keterbatasan (Scarcity)

Manfaatkan konsep keterbatasan dengan menunjukkan bahwa produk atau kemampuan yang anda tawarkan tidak tersedia atau memiliki nilai. Orang lebih cenderung tertarik pada sesuatu yang dianggap sulit untuk didapat.
 

2. Konsistensi dan Kepatuhan (Consistency and Compliance)

Jika individu telah mengambil tindakan serupa sebelumnya, mereka cenderung lebih siap untuk mematuhi permintaan. Untuk membangun hubungan yang baik dan meningkatkan kemungkinan penerimaan ide atau tindakan, gunakan konsistensi.
 

3. Efek Sebanding (Reciprocity)

Menurut teori efek sebanding, orang lebih cenderung merasa bertanggung jawab untuk berbuat baik kepada orang lain daripada meminta sesuatu dari mereka.
 

4. Otoritas (Authority)

Tunjukkan kekuatan dan pelajari apa yang anda ketahui tentang bidang anda. Orang yang dianggap ahli atau berpengalaman dalam suatu bidang cenderung mempengaruhi orang lain.
 

5. Sosial Bukti (Social Proof)

Tunjukkan bahwa orang lain percaya pada anda atau mengambil tindakan. Dengan sosial bukti, orang lebih cenderung mengikuti arus mayoritas.
 

6. Efek Nisbi (Relative Deprivation)

Efek nisbi digunakan dengan menekankan perbedaan antara keadaan saat ini dan keadaan yang diinginkan. Ini dapat memotivasi orang untuk melakukan sesuatu yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka.
 

7. Efek Mengaitkan (Association)

Anda harus menghubungkan produk atau ide dengan emosi positif atau pengalaman menyenangkan. Manusia lebih suka berhubungan dengan sesuatu yang menghasilkan kebahagiaan atau kepuasan.

Anda dapat meningkatkan komunikasi persuasif dengan menggabungkan teknik-teknik ini. Namun, penting untuk diingat bahwa dalam upaya persuasif, etika harus selalu menjadi pertimbangan utama. Keterampilan ini harus digunakan dengan penuh tanggung jawab dan dengan menghormati prinsip moral. Dengan mempelajari dasar-dasar psikologis persuasi, anda dapat memperoleh keterampilan yang berguna dalam berbagai aspek hidup.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://practicalpie.com/7-psychological-persuasion-tips-how-to-persuade-someone-tricks/

https://www.verywellmind.com/how-to-become-a-master-of-persuasion-2795901

https://www.lifehack.org/287784/7-psychological-tricks-that-make-you-more-persuasive-person

YesDok Ads