7 TANDA KEPRIBADIAN ABUSIVE, BENCI DINASEHATI MENANTU MEMUKUL MERTUA

January 22, 2024 | Dea

menantu aniaya mertua, cengkareng, abuse artinya, arti abusive, abusive relationship, physical abuse adalah, emotional abuse, mental abuse adalah, physical abuse artinya, mentally abusive adalah, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda baru-baru ini baru saja terjadi kasus penganiayaan yang  dilakukan oleh menantu wanita terhadap mertua pria (02/01/2024) di Cengkareng. Peristiwa ini dipicu karena menantu tidak terima saat mertuanya memberikan masukan atas tindakannya memangkas gaji ART. 

Secara agresif dirinya langsung menganiaya mertuanya pada area kepala hingga leher tanpa belas kasih. Tindakan ini menandakan salah satu tanda gangguan kepribadian yang mengidap menantu tersebut. Agar kedepannya tidak terulang peristiwa berbahaya ini, sebaiknya anda menelusuri lebih lanjut tanda-tanda kepribadian abusive pada diri seseorang.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Tanda Kepribadian Abusive

Pasangan yang memiliki hubungan yang sehat dan harmonis sangat penting untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam kehidupan mereka. Namun, beberapa ciri kepribadian yang merugikan dapat muncul, menyebabkan kerugian fisik dan emosional bagi orang lain.

Berikut ini tanda-tanda kepribadian abusive yang perlu diwaspadai, antara lain:
 

1. Kontrol Berlebihan

Pasangan yang cenderung menggunakan kekerasan seringkali berusaha untuk mengontrol setiap aspek kehidupan pasangan mereka. Mereka ingin mengatur semuanya, termasuk uang dan waktu. Salah satu tanda kepribadian yang berpotensi berbahaya adalah kontrol yang berlebihan.
 

2. Kemarahan yang Tidak Terkendali

Tanda kepribadian abusive dapat termasuk reaksi yang berlebihan terhadap situasi kecil, seperti kemarahan yang tidak terkendali atau ledakan emosional. Perilaku ini dapat merugikan secara fisik dan emosional.
 

3. Manipulasi Emosional

Abuser sering menggunakan strategi manipulasi emosional untuk mengontrol pasangan mereka. Strategi-strategi ini dapat mencakup membuat pasangan merasa bersalah, membuat ancaman, atau merendahkan harga diri mereka.
 

4. Isolasi Sosial

Karena isolasi sosial membuat pasangan sulit mendapatkan dukungan dan saran dari orang-orang terdekat, pasangan yang dilecehkan menggunakan taktik seperti membatasi akses mereka kepada keluarga dan teman-teman.
 

5. Ancaman atau Kekerasan Fisik

Tanda utama kepribadian abusive adalah ancaman atau tindakan kekerasan fisik. Ancaman verbal dapat berkembang menjadi tindakan fisik yang merugikan.
 

6. Perubahan Drastis dalam Kepribadian

Jika pasangan mengalami perubahan besar dalam kepribadian mereka, dari yang dulunya penyayang menjadi agresif atau mengabaikan, ini bisa menjadi tanda kepribadian kejam yang sedang berkembang.
 

7. Ketakutan atau Kecemasan yang Berlebihan

Pasangan mungkin mengalami ketakutan atau kecemasan dalam hubungan mereka, terutama ketika berada di sekitar partner yang melakukan kekerasan.

Langkah pertama untuk melindungi diri dan orang yang dicintai adalah mengidentifikasi tanda-tanda kepribadian abusive. Penting untuk menyadari bahwa tidak ada alasan untuk membenarkan kepribadian abusive, dan bantuan profesional dapat menjadi cara yang efektif untuk keluar dari situasi berbahaya.

Individu yang mengalami kepribadian abusive dapat memperbaiki kehidupan mereka dan membangun hubungan yang sehat dan aman dengan orang lain melalui sumber daya seperti konseling, tempat perlindungan, dan dukungan masyarakat.
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada psikolog dan psikiater agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://enamplus.liputan6.com/news/read/5509223/video-tegur-menantu-karena-sunat-gaji-art-mertua-di-cengkareng-malah-dianiaya

https://ncadv.org/signs-of-abuse

https://www.medicalnewstoday.com/articles/early-signs-of-an-abusive-man

https://www.dshs.wa.gov/altsa/home-and-community-services/types-and-signs-abuse

YesDok Ads