7 POTENSI PENYAKIT AKIBAT KONSUMSI JUNK FOOD

January 17, 2024 | Dea

dampak buruk dari junk food, dampak junk food bagi ibu hamil, dampak junk food bagi kesehatan, dampak junk food bagi tubuh, dampak junk food dan fast food, dampak makanan junk food bagi kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, karena kandungan gula, lemak jenuh, dan garam yang tinggi telah menjadi bagian penting dari gaya hidup modern, anda harus tahu bahwa mengonsumsi junk food berlebihan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Dalam artikel ini, kami akan membahas tujuh kemungkinan penyakit yang dapat disebabkan oleh konsumsi berlebihan junk food.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Potensi Penyakit Konsumsi Junk Food

Berikut ini beberapa potensi saat sering mengonsumsi junk food, antara lain:

 

1. Obesitas

Junk food mengandung banyak kalori dan sedikit nutrisi, sehingga dapat menyebabkan obesitas. Makanan cepat saji meningkatkan risiko obesitas, yang dapat menyebabkan banyak penyakit jangka panjang.
 

2. Diabetes Tipe 2

Junk food terutama yang mengandung gula tinggi, dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Pola makan yang tinggi gula dan lemak menyebabkan diabetes.

 

3. Penyakit Jantung

Makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan garam dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kebiasaan makan yang tidak sehat dapat memperburuk pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung.
 

4. Gangguan Metabolisme

Terlalu banyak gula dan lemak dapat menyebabkan sindrom metabolik dan resistensi insulin. Food waste berdampak negatif pada kesehatan metabolik anak-anak.
 

5. Penyakit Hati

Karena lemak jenuh yang tinggi, makanan junk food dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit hati non-alkoholik (NAFLD). Ini lebih sering terjadi pada orang yang memiliki pola makan yang tidak sehat.
 

6. Gangguan Sistem Pencernaan

Meningkatkan konsumsi serat adalah cara untuk mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan sindrom usus iritabel (IBS). Makanan cepat saji yang rendah serat juga dapat menyebabkan masalah ini.
 

7. Masalah Kesehatan Mental

Hubungan antara pola makan yang tidak sehat dan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Junk food dapat mengganggu kimia otak dan mood.

Konsumsi berlebihan junk food dapat berbahaya bagi kesehatan. Penting untuk meningkatkan kesadaran akan risiko-risiko ini dan memilih pola makan yang seimbang dan penuh nutrisi. Dengan menjaga asupan makanan kita, kita dapat melindungi tubuh dari penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan makan yang tidak sehat.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthdirect.gov.au/junk-food-and-your-health

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6146358/

https://kids.frontiersin.org/articles/10.3389/frym.2022.694523

https://health.clevelandclinic.org/heres-how-fast-food-can-affect-your-body

YesDok Ads