7 PENYEBAB KALAZION ATAU BENJOLAN KECIL DI KELOPAK MATA

January 30, 2024 | Dea

kalazion penyebab, kalazion adalah, gejala kalazion, cara mengobati kalazion, kelenjar di kelopak mata, benjolan di atas kelopak mata, benjolan di mata bagian dalam, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda mengenai Kalazion? kondisi ini juga disebut benjolan di kelopak mata. Benjolan kecil ini terjadi karena sumbatan pada kelenjar minyak di kelopak mata, yang dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan, tetapi biasanya tidak menyakitkan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Penyebab Kalazion  

Berikut ini beberapa penyebab Kalazion atau benjolan kecil di kelopak mata, antara lain:
 

1. Sekresi Kelenjar Minyak yang Berlebihan

Produksi kelenjar minyak yang berlebihan di kelopak mata seringkali menyebabkan kalazion. Kelenjar minyak yang terlalu aktif dapat menghasilkan minyak yang berlebihan, menyebabkan sumbatan dan pembentukan benjolan.
 

2. Infeksi Bakteri pada Kelenjar Minyak

Bakteri dapat menyebabkan kalazion jika masuk ke kelenjar minyak kelopak mata, menyebabkan peradangan dan pembengkakan.
 

3. Pembersihan Mata yang Tidak Benar

Kesalahan dalam membersihkan mata dapat menyebabkan penumpukan bakteri, debu, atau kotoran di sekitar kelopak mata, yang meningkatkan resiko kalazion.
 

4. Gangguan Keseimbangan Minyak di Mata

Terbentuknya kalazion dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi minyak di kelopak mata. Kondisi ini dapat terjadi karena faktor genetik atau gangguan lainnya pada sistem kelenjar minyak.
 

5. Masalah Kulit Terkait

Beberapa kondisi kulit, seperti rosacea atau dermatitis, dapat menyebabkan kalazion lebih sering terjadi. Kondisi ini dapat membahayakan kelopak mata dan kelenjar minyak di sekitarnya.
 

6. Menggosok Mata dengan Tangan yang Kotor

Menggunakan tangan yang kotor untuk menggosok mata dapat membawa bakteri dan kotoran ke kelopak mata, yang dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan kalazion.
 

7. Gangguan pada Saluran Kelenjar Minyak

Mungkin ada penumpukan minyak dan pembentukan kalazion jika saluran kelenjar minyak pada kelopak mata tersumbat atau menyempit.
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17657-chalazion

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324215

https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-are-chalazia-styes

YesDok Ads