7 MANFAAT ZAT BESI, SEBERAPA PENTING ZAT BESI BAGI TUBUH SIH?

January 10, 2024 | Dea

manfaat zat besi bagi tubuh, apa fungsi zat besi, fungsi zat besi bagi tubuh, zat besi berfungsi untuk, zat besi berguna untuk, zat besi untuk apa, apa itu zat besi, pengertian zat besi, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun hanya diperlukan dalam jumlah kecil, zat besi adalah mineral penting yang memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Manfaat Zat Besi

Berikut beberapa manfaat zat besi bagi tubuh, antara lain:
 

1. Transportasi Oksigen dalam Darah

Zat besi adalah komponen utama hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, lemah, dan penurunan konsentrasi.
 

2. Metabolisme  Energi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan daya tahan tubuh, tetapi zat besi membantu metabolisme energi dengan membantu tubuh menghasilkan energi dari nutrisi yang dikonsumsi.
 

3. Dukungan Sistem Kekebalan Tubuh 

Zat besi membantu sistem kekebalan tubuh dengan mendukung produksi sel darah putih yang melawan infeksi dan penyakit. Dengan jumlah zat besi yang cukup, tubuh dapat lebih tahan terhadap penyakit.
 

4. Fungsi Otak yang Optimal

Kekurangan zat besi pada anak-anak dan remaja dapat berdampak negatif pada perkembangan kognitif dan kemampuan belajar mereka.
 

5. Regulasi Suhu Tubuh 

Dengan mendukung fungsi metabolisme, zat besi membantu tubuh mengontrol suhunya dan mencegah hipotermia.
 

6. Pembentukan Kolagen 

Kekurangan zat besi dapat mengganggu kesehatan kulit dan struktur tubuh lainnya. Ini karena zat besi sangat penting untuk pembentukan kolagen, yang merupakan protein yang mendukung integritas pembuluh darah, tulang, kulit, dan jaringan ikat lainnya.
 

7. Mendukung Kesehatan Reproduksi 

Zat besi penting untuk kesehatan reproduksi, terutama pada wanita, dengan menjaga siklus menstruasi yang sehat. Selama kehamilan, zat besi juga membantu pertumbuhan janin dan mencegah risiko kelahiran prematur.
 

Terlepas dari banyak manfaat kesehatan zat besi, konsumsi berlebihan atau kekurangan zat besi dapat memiliki konsekuensi serius. Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://ods.od.nih.gov/factsheets/Iron-Consumer/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228

https://www.verywellhealth.com/iron-supplements-benefits-4178814

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/iron/

 

YesDok Ads