7 KEBIASAAN ATASI KUSAM PADA WAJAH, SIMAK YUK!

January 02, 2024 | Dea

cara mengatasi wajah kusam, cara mengatasi wajah berminyak dan kusam, cara mengatasi wajah kusam dan hitam, mengatasi wajah keriput dan kusam, cara mengatasi wajah kusam akibat begadang, yesdok

Sobat Yesdok, kulit kusam adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti paparan sinar matahari berlebihan, kurangnya kelembaban, dan kebiasaan hidup yang tidak sehat. Namun, meskipun sulit untuk menghindari sepenuhnya masalah ini, ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu mengatasi dan mencerahkan kulit wajah. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Kebiasaan Hilangkan Wajah Kusam

Berikut ini beberapa cara mengatasi wajah kusam, antara lain:
 

1. Perlindungan Matahari yang Konsisten

Untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca mendung, karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan membuatnya terlihat kusam.
 

2. Perawatan Kulit Rutin

Untuk mengatasi kulit kusam, penting untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang baik. Bersihkan wajah Anda secara teratur, gunakan pelembab, dan pertimbangkan untuk menambahkan produk pencerah atau antioksidan ke rutinitas perawatan kulit Anda.
 

3. Konsumsi Air yang Cukup

Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit dan menghilangkan toksin dari tubuh.
 

4. Nutrisi yang Seimbang

Untuk menjaga kulit Anda sehat, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.
 

5. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Untuk menjaga kulit tetap sehat, hindari kebiasaan merokok dan alkohol yang berlebihan karena keduanya dapat merusak kolagen dan elastin kulit, menyebabkan kulit terlihat kusam dan penuaan dini.
 

6. Peregangan dan Olahraga

Aktivitas fisik, seperti olahraga dan peregangan, meningkatkan aliran darah ke kulit, membantu memberikan nutrisi dan oksigen yang diperlukan, serta mengurangi stres, yang dapat menyebabkan kulit kusam.
 

7. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi lesu dan kusam. Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam untuk memungkinkan proses regenerasi kulit berjalan dengan lancar.

Kulit kusam membutuhkan perawatan rutin. Anda dapat meningkatkan kecerahan kulit dan mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya dengan menerapkan kebiasaan positif seperti perlindungan matahari, perawatan kulit rutin, dan pola hidup sehat. Ingatlah bahwa hasilnya mungkin memerlukan waktu, jadi bersabarlah dan ikuti kebiasaan perawatan kulit yang tepat.
 

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5172479/

https://www.healthline.com/health/dull-skin

https://eternaldermatology.com/dull-skin/

https://www.dermalogica.com.au/blogs/living-skin/reasons-why-your-skin-is-dull-how-to-brighten-it

 

YesDok Ads