7 CARA MENENANGKAN ORANG DEPRESI

February 29, 2024 | Dea

cara menenangkan orang depresi, cara menenangkan diri saat depresi, cara menenangkan diri dari depresi, cara menenangkan teman yang sedang depresi, cara menenangkan orang yang depresi, yesdok

Sobat Yesdok, ketika seseorang yang kita sayangi depresi, kita seringkali tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Meskipun kita tidak dapat secara langsung mengubah kondisi mereka, kita dapat memberikan dukungan yang signifikan. Berbicara dengan seseorang yang mengalami depresi bisa menjadi langkah awal yang penting.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Probiotik Topikal 

Berikut adalah tujuh cara yang dapat membantu menenangkan orang yang mengalami depresi, antara lain:

 

1. Dengarkan dengan Empati

Langkah pertama yang sangat penting adalah mendengarkan dengan empati. Dengarkan tanpa berusaha menyelesaikan atau menilai. Biarkan mereka merasakan bahwa mereka didengar dan dipahami. Hal ini mungkin memberi mereka rasa dukungan yang kuat.
 

2. Tawarkan Dukungan

Beri dukungan yang jelas dan dapat diandalkan. Tanyakan apa yang mereka butuhkan dan cari cara untuk membuat mereka merasa didukung. Ini bisa berarti hanya menjadi teman yang dekat dengan mereka atau menawarkan untuk menemani mereka ke dokter atau terapis.
 

3. Hindari Penilaian dan Penyebutan Klise

Hindari mengeluarkan pernyataan yang mengkritik atau mengabaikan pengalaman mereka. Mereka dapat merasa tidak dipahami dan diabaikan dengan kata-kata seperti "Kamu pasti hanya sedang sedih" atau "Coba pikirkan hal-hal yang lebih positif."
 

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Ada bukti bahwa berolahraga dapat membantu orang yang depresi. Untuk meningkatkan mood dan meredakan stres, ajak mereka untuk berolahraga bersama, seperti bersepeda, yoga, atau berjalan-jalan.
 

5. Dorong untuk Mendapatkan Bantuan Profesional

Sangat penting untuk mengatasi depresi dengan dukungan dari terapis atau konselor. Jika mereka belum melakukannya, arahkan mereka untuk mendapatkan bantuan profesional. Anda dapat menawarkan untuk membantu mencari sumber daya atau bahkan menemani mereka ke sesi pertama.
 

6. Berikan Ruang dan Waktu

Biarkan mereka tahu bahwa anda akan selalu ada untuk mendengarkan mereka tanpa menghakimi, dan jangan memaksa mereka untuk merasa "bahagia" atau "normal". Beri mereka waktu dan ruang untuk merasakan dan mengungkapkan perasaan mereka.
 

7. Ingatkan Mereka tentang Hal-Hal yang Mereka Nikmati

Seringkali, seseorang yang mengalami depresi kehilangan minat pada hal-hal yang mereka sukai. Ajak mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan atau hobi yang mereka sukai, ini dapat membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif dan meningkatkan mood secara keseluruhan.

Bisa menjadi tantangan untuk mendukung seseorang yang mengalami depresi, tetapi dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang kuat, kita dapat membantu mereka merasa lebih baik dan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Penting untuk diingat bahwa depresi adalah penyakit yang serius dan membutuhkan perawatan yang tepat dari orang-orang yang mereka sayangi. 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/what-to-say-to-someone-with-depression

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320502

https://www.nimh.nih.gov/health/publications/depression

 

YesDok Ads