7 CARA MENCEGAH DEMAM BERDARAH

April 02, 2024 | Dea

cara mencegah dbd, cara pencegahan dbd, cara mencegah penyakit dbd, cara pencegahan penyakit dbd, bagaimana cara mencegah penyakit dbd, upaya pencegahan dbd, 3m mencegah dbd, cegah dbd dengan 3m, yesdok

Sobat Yesdok, untuk mengurangi risiko terkena demam berdarah dengue, pencegahan sangat penting. Demam berdarah dengue disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, dan jika tidak diobati dengan cepat, penyakit ini dapat menjadi fatal. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Pencegahan Demam Berdarah

Berikut adalah tujuh cara efektif untuk mencegah penyakit ini, antara lain:
 

1. Basmi Sarang Nyamuk

Nyamuk Aedes sering berkembang biak di dalam dan di sekitar rumah, seperti dalam pot bunga, ban bekas, dan tempat penampungan air. Hapus semua tempat yang mungkin menjadi sarang nyamuk.
 

2. Gunakan Kelambu

Anda dapat melindungi diri dari gigitan nyamuk saat tidur dengan memakai kelambu di tempat tidur, terutama jika anda tinggal di daerah di mana wabah demam berdarah dengue sering terjadi.
 

3. Kenakan Pakaian Pelindung

Memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh, seperti celana panjang dan lengan panjang, dapat membantu anda menghindari gigitan nyamuk.
 

4. Gunakan Repelen Nyamuk

Repellen nyamuk yang mengandung DEET, picaridin, atau IR3535 harus dioleskan pada kulit dan ulangi penggunaan sesuai petunjuk yang tercantum pada label.
 

5. Perbaiki Jendela dan Pintu

Untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah, pasang kawat kasa pada jendela dan pintu.
 

6. Bersihkan Tempat Penampungan Air

Mencegah nyamuk bertelur di tempat air seperti bak mandi, ember, atau tempayan harus ditutup rapat dan dibersihkan secara teratur.
 

7. Lakukan Fogging

Untuk mengendalikan nyamuk, fogging adalah teknik yang menggunakan kabut insektisida untuk membunuh nyamuk dewasa. Lakukan fogging secara teratur di lingkungan yang rentan terhadap demam berdarah dengue.

Mencegah demam berdarah dengue adalah tanggung jawab semua orang. Anda dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar dari penyakit yang parah ini dengan mengikuti langkah-langkah ini. Lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan tetap waspada.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/dengue-and-severe-dengue

https://www.cdc.gov/ncezid/dvbd/media/avoid-dengue.html

https://www.healthdirect.gov.au/dengue-fever

 

YesDok Ads