7 CARA ATASI KULIT KEPALA BOROKAN

January 02, 2024 | Dea

borok di kepala, borok di kulit kepala, cara mengobati borok di kepala, cara menghilangkan borok, cara menghilangkan borok di kepala, penyebab borok di kepala, kulit kepala mengelupas seperti borok, yesdok

Sobat Yesdok, borok kulit kepala, atau munculnya kerak, sisik, atau borokan pada kulit kepala, dapat menjadi masalah yang tidak hanya mengganggu tetapi juga dapat memengaruhi rasa percaya diri. Beberapa penyebabnya termasuk ketombe, eksim, dan psoriasis.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

8 Cara Atasi Borokan

Berikut ini beberapa cara atasi borokan pada kulit kepala, antara lain:


1. Perhatikan Pemilihan Sampo yang Tepat

Sampo yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, jadi pilihlah sampo yang dibuat khusus untuk kulit kepala anda, seperti sampo anti-ketombe atau yang mengandung pelembab.

 

2. Jaga Kebersihan Rambut 

Mencuci rambut secara teratur menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati dari kulit kepala, tetapi jangan terlalu sering karena akan menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit kepala.
 

3. Hindari Penggunaan Produk Rambut yang Berlebihan

Jangan terlalu banyak menggunakan produk rambut seperti wax, gel, atau hairspray karena dapat menyebabkan iritasi dan penumpukan. Pastikan anda membersihkan rambut dengan hati-hati setelah menggunakannya.
 

4. Terapkan Minyak atau Pelembab Kulit Kepala

Minyak alami seperti minyak kelapa dan tea tree dapat melembabkan dan mengurangi kekeringan kulit kepala. Setelah diterapkan, biarkan beberapa saat sebelum dicuci.
 

5. Gunakan Bahan Alami untuk Pelembab

Dua bahan alami yang dapat melembabkan kulit kepala adalah yogurt dan lidah buaya. Setelah diterapkan pada kulit kepala, tunggu selama beberapa menit sebelum dicuci.
 

6. Jaga Kebersihan Sikat dan Sisir Rambut

Dengan sikat dan sisir rambut yang bersih, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan iritasi kulit kepala dapat dicegah. Bersihkan dengan sabun ringan atau sampo.
 

7. Hindari Garukan Kulit Kepala

Hindari garukan kulit kepala karena dapat memperburuk keadaan dan menyebabkan lecet atau borokan. Gunakan kuku pendek untuk menghindari luka lebih lanjut.
 

Kulit kepala borokan bisa menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dengan perawatan yang tepat dan perhatian terhadap kebersihan, banyak kasus dapat diatasi. Pilihlah cara perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.verywellhealth.com/scabs-on-scalp-causes-diagnosis-and-treatment-5185231

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/scalp-scabs

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/sores-head-scalp

https://www.theindependentpharmacy.co.uk/eczema-dermatitis/guides/scalp-psoriasis-treatment

 

YesDok Ads