6 TIPS MERAWAT GIGI BERBEHEL SEHARI-HARI

April 25, 2024 | Dea

cara merawat gigi behel agar tidak kuning, cara merawat gigi behel, cara merawat behel gigi, cara merawat gigi behelan, cara merawat gigi pakai behel, merawat gigi behel, tips merawat gigi behel, yesdok

Sobat Yesdok, bagi anda yang giginya sedang menggunakan behel, pastinya membutuhkan usaha yang lebih extra untuk merawatnya. Selain itu, gigi dengan behel akan jadi lebih sensitif.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Tips Merawat Gigi Behel

Merawat gigi dengan behel membutuhkan perhatian ekstra agar tetap bersih dan sehat. Berikut adalah 6 tips untuk perawatan gigi berbehel sehari-hari, antara lain:
 

1. Sikat Gigi Setelah Makan

Untuk menghindari plak dan karang gigi, sikat gigi setiap kali anda makan karena gigi berbehel lebih rentan terhadap sisa makanan yang terperangkap.
 

2. Gunakan Sikat Gigi Khusus Behel

Pilih sikat gigi yang dibuat khusus untuk gigi berbehel karena bulunya yang lembut dan dapat mencapai area di sekitar bracket dan kawat.
 

3. Gunakan Benang Gigi

Untuk menghilangkan sisa makanan di antara gigi dan di sekitar behel, gunakan benang gigi khusus yang masuk ke celah yang sulit dijangkau.
 

4. Bilas dengan Cairan Kumur

Untuk menghindari iritasi, cairan kumur antiseptik yang tidak mengandung alkohol dapat membantu mengurangi bakteri dan mencegah bau mulut.
 

5. Hindari Makanan Keras dan Lengket

Untuk menghindari kerusakan, pilih makanan yang lebih lunak. Makanan seperti permen keras atau lengket dapat merusak behel.
 

6. Periksa ke Dokter Gigi Secara Rutin

Kunjungan rutin ke dokter gigi sangat penting untuk memastikan behel bekerja dengan baik dan untuk menemukan masalah sejak dini. Dokter gigi juga dapat membersihkan gigi lebih dalam dan memastikan bahwa bracket atau kawat tidak rusak.




Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.dentevim.com/en/5-tips-for-daily-dental-care

https://diamonddentalclinic.co.uk/6-top-dental-health-tips-from-diamond-dental/

https://www.merionvillagedental.com/6-tips-for-dental-care-at-home/

YesDok Ads