6 TIPS MENGHADAPI REMAJA INTROVERT

January 19, 2024 | Dea

cara menghadapi remaja introvert, cara berkomunikasi dengan remaja yang introvert, cara mengatasi remaja introvert, melatih remaja yang introvert, permasalah remaja introvert, remaja introvert, yesdok

Sobat Yesdok, orang tua dan mentor dapat menemukan menghadapi remaja introvert sebagai tantangan tersendiri. Remaja yang lebih tertutup mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda untuk membangun hubungan yang positif dan mendukung kemajuan mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Tips Menghadapi Remaja Introvert

Berikut ini beberapa tips untuk menghadapi remaja introvert, antara lain:
 

1. Pahami Kepribadiannya

Pahami remaja introvert adalah langkah pertama. Ingatlah bahwa mereka lebih hati-hati saat berinteraksi dengan orang lain dan mendapatkan energi mereka dari waktu sendiri. Ini bukan tanda kesendirian atau ketidakramahan, tetapi lebih pada cara mereka mengelola energi mereka.
 

2. Berikan Ruang untuk Waktu Sendiri

Remaja introvert mungkin membutuhkan waktu untuk meresapi pengalaman sosial. Memberikan waktu untuk meresapi dan merenungkan pengalaman ini akan membantu mereka mengatasi stres sosial dan menjadi lebih sadar diri.
 

3. Ajukan Pertanyaan Terbuka dan Dengarkan Aktif

Ketika berbicara dengan remaja introvert, gunakan pertanyaan yang terbuka sehingga mereka dapat berbicara tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Dengarkan dengan aktif dan jangan paksa mereka untuk berbicara lebih banyak dari yang mereka suka.
 

4. Ciptakan Kesempatan untuk Ekspresi Diri

Beri remaja introvert kesempatan untuk menyalurkan pikiran dan perasaan mereka melalui media yang mereka sukai, seperti menulis, seni, atau kegiatan lainnya.
 

5. Hormati Batas Pribadi Mereka

Jika remaja introvert memilih untuk menghindari lingkungan sosial, anda harus mendukung mereka dan tidak memaksa mereka untuk terlibat lebih banyak dari yang mereka inginkan.
 

6. Dorong Hubungan yang Berkualitas

Remaja introvert lebih cenderung memiliki lingkaran sosial yang lebih kecil, tetapi ada dorongan untuk membangun hubungan yang baik. Mereka mendapat bantuan untuk merencanakan kegiatan yang sesuai dengan minat mereka dan memberikan dukungan positif untuk membangun hubungan yang saling mendukung
 

 

Untuk menangani remaja introvert, anda harus peka dan memahami kepribadian mereka. Kita dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang tanpa menghilangkan kepribadian introvert mereka dengan memberikan dukungan yang tepat dan menciptakan lingkungan yang mendukung. Ingatlah bahwa setiap remaja adalah unik, dan menggunakan pendekatan yang penuh kasih dan fleksibel adalah penting untuk membangun hubungan yang baik.
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-secret-lives-introverts/201812/15-things-you-need-know-if-your-child-is-introvert

https://ricepsychology.com/blog/parenting/introverted-child-understanding-behavior-teaching-kids-perfectly-fine/

https://www.wikihow.com/Handle-an-Introvert

YesDok Ads