6 TIPS MELATIH DAYA INGAT SECARA PSIKOLOGIS

April 23, 2024 | Dea

cara melatih daya ingat, cara melatih daya ingat dan konsentrasi, cara melatih daya ingat anak, latihan meningkatkan daya ingat, melatih daya ingat, cara melatih konsentrasi dan daya ingat, yesdok

Sobat Yesdok, melatih daya ingat adalah komponen penting dari kesehatan otak dan dapat membantu mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Memori dapat dipertahankan dan ditingkatkan dengan berbagai metode psikologis. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Tips Melatih Daya Ingat

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk melatih daya ingat, antara lain:
 

1. Menjaga Aktivitas Fisik

Secara teratur melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan, berlari, atau berenang, dapat meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif karena aliran darah ke otak naik dan daya ingat meningkat.
 

2. Melatih Otak dengan Aktivitas Stimulasi

Bermain puzzle, catur, atau belajar keterampilan baru, atau aktivitas lain yang menstimulasi otak, dapat membantu menjaga daya ingat tetap tajam. Melakukan aktivitas ini secara teratur dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan ingatan anda.
 

3. Menjalin Interaksi Sosial

Berinteraksi dengan orang lain dapat membantu menjaga kesehatan mental dan meningkatkan otak. Risiko depresi dan kecemasan, yang dapat mempengaruhi daya ingat, dapat dikurangi dengan memiliki hubungan sosial yang kuat.
 

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kaya antioksidan, seperti buah dan sayuran, dan asam lemak omega-3, dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Ini karena makanan yang kaya antioksidan membantu otak bekerja lebih baik dan mendukung daya ingat.
 

5. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Untuk memperkuat ingatan, otak memproses data dan menguatkan ingatan selama tidur. Usahakan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan otak anda.
 

6. Mengelola Stres

Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan ingatannya.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/memory-loss/art-20046518

https://learningcenter.unc.edu/tips-and-tools/enhancing-your-memory/

https://www.monash.edu/medicine/news/latest/2022-articles/training-your-brain-seven-ways-to-improve-your-memory

YesDok Ads