6 TANDA USUS SEHAT

March 21, 2024 | Dea

cara menjaga kesehatan usus, cara menjaga usus tetap sehat, makanan sehat untuk usus dan lambung, agar usus sehat, cara agar usus sehat, ciri usus sehat, ciri usus tidak sehat, yesdok

Sobat Yesdok, usus memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Tanda Usus Sehat

Berikut ini tanda-tanda yang menandakan usus dalam kondisi sehat, antara lain:
 

1. Sistem Pencernaan yang Lancar

Sistem pencernaan yang lancar dan teratur adalah salah satu ciri usus yang sehat. Ini menunjukkan bahwa anda memiliki jumlah buang air besar yang normal, yaitu satu hingga tiga kali sehari. Feses yang sehat seharusnya dapat dikeluarkan dengan mudah tanpa mengalami kesulitan atau ketidaknyamanan yang berlebihan.
 

2. Perut Tanpa Rasa Tidak Nyaman atau Kembung

Setelah makan, perut yang sehat harus terasa ringan dan nyaman. Tidak akan kembung atau tidak nyaman.
 

3. Stabilnya Berat Badan

Stabilitas berat badan juga dapat dilihat dari kesehatan usus yang baik. Sistem pencernaan yang sehat membantu tubuh menyerap nutrisi dan mengatur metabolisme, sehingga anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan stabil tanpa perubahan yang signifikan.
 

4. Mood yang Stabil

Fungsi sumsum tulang belakang usus, yang menghubungkan usus dan otak, sangat penting untuk mengatur suasana hati dan emosi. Usus yang sehat akan membantu anda tetap tenang dan mengurangi kemungkinan mengalami gangguan suasana hati, seperti depresi atau kecemasan.
 

5. Kulit yang Sehat dan Bersinar

Kesehatan usus juga dapat dilihat dari kulit yang sehat dan bersinar. Ini karena usus yang sehat menghilangkan racun dan zat berbahaya dari tubuh, yang dapat mencegah masalah kulit seperti jerawat, eksim, atau ruam.
 

6. Tidur yang Berkualitas

Terakhir, usus yang sehat juga membantu tidur lebih baik. Penyakit usus, seperti masalah pencernaan atau intoleransi makanan tertentu, dapat mengganggu kualitas tidur, tetapi usus yang sehat membantu anda tidur dengan nyenyak dan pulas, sehingga dapat bangun dengan segar dan bertenaga.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.piedmont.org/living-real-change/10-tips-for-a-healthier-gut

https://www.mdanderson.org/cancerwise/how-to-improve-your-gut-health.h00-159538956.html

https://onwc.ca/news/5-signs-of-a-healthy-gut/

 

YesDok Ads