6 TANDA ORANG TUA TIDAK DEWASA SECARA EMOSINAL

February 20, 2024 | Dea

Ciri orang tua tidak dewasa, emotionally immature parents, immature parents, umur tidak menjamin kedewasaan, dewasa tidak dilihat dari umur, kedewasaan tidak dilihat dari usia, yesdok

Sobat Yesdok, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing dan membentuk perkembangan emosional anak-anak mereka, tetapi beberapa orang tua tidak memiliki kematangan emosional yang diperlukan untuk melakukannya dengan baik. Orang tua kadang-kadang mengalami kesulitan untuk mengendalikan emosi mereka sendiri, yang dapat memengaruhi hubungan mereka dengan anak-anak mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Tanda Orang Tua Tidak Dewasa 

Berikut adalah enam tanda yang menunjukkan bahwa beberapa orang tua mungkin tidak dewasa secara emosional, antara lain:
 

1. Ketidakstabilan Emosional yang Menonjol

Ketidakstabilan emosional yang sering terjadi adalah salah satu tanda yang paling jelas dari kekurangan kematangan emosional pada seorang orang tua. Mereka mungkin rentan terhadap ledakan emosional yang tidak terkendali, seperti kemarahan yang berlebihan atau kecemasan yang meluap, yang dapat menimbulkan ketegangan dan kecemasan pada anak-anak mereka.
 

2. Ketergantungan pada Anak untuk Dukungan Emosional

Orang tua yang tidak dewasa secara emosional mungkin cenderung mencari dukungan emosional dari anak-anak mereka daripada memberikan dukungan kepada mereka sendiri. Mereka mungkin menempatkan beban emosional yang berlebihan pada anak-anak mereka, mengharapkan mereka untuk memberikan kebahagiaan dan stabilitas emosional, yang tidak sesuai dengan tugas orang tua yang seharusnya memberikan dukungan.
 

3. Kesulitan dalam Mengatasi Konflik

Orang tua yang kurang dewasa secara emosional mungkin menghadapi kesulitan dalam mengatasi konflik dengan anak-anak mereka atau pasangan mereka. Saat konflik muncul, mereka mungkin cenderung menghindari konfrontasi, mengambil sikap defensif, atau menyalahkan, daripada mencari solusi yang konstruktif.
 

4. Kekurangan Empati

Kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain adalah bagian dari kematangan emosional. Namun, orang tua yang kurang dewasa secara emosional mungkin kurang peka terhadap perasaan dan kebutuhan anak-anak mereka dan mungkin tidak mampu memberikan dukungan emosional yang tepat saat anak-anak mereka mengalami kesulitan.
 

5. Pola Komunikasi yang Tidak Sehat

Orang tua yang tidak dewasa secara emosional mungkin cenderung menggunakan pola komunikasi yang tidak sehat, seperti mengabaikan atau menyalahkan anak-anak mereka, atau bahkan menggunakan bahasa yang merendahkan atau menghina, untuk membangun hubungan yang baik dengan anak-anak mereka.
 

6. Ketidakmampuan untuk Mengatur Batasan yang Sehat

Orang tua yang tidak dewasa secara emosional mungkin sulit menetapkan batasan yang sehat dan konsisten bagi anak-anak mereka; mereka mungkin terlalu otoriter atau terlalu lemah dalam menetapkan aturan dan konsekuensi, yang dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakpastian bagi anak-anak.

Jika orang tua melihat tanda-tanda ini, penting bagi mereka untuk menyadari bahwa mereka mungkin perlu mencari bantuan profesional untuk membantu mereka tumbuh secara emosional. Mereka dapat memperbaiki hubungan mereka dengan anak-anak mereka dan membantu menciptakan lingkungan yang sehat yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka dengan melakukan ini.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://thewellnesssociety.org/emotionally-immature-parents/

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/mental-wealth/202111/4-signs-parent-is-emotionally-immature

https://theprivatetherapyclinic.co.uk/blog/emotionally-unavailable-parents/

 

YesDok Ads