6 RISIKO MINUM SIRUP BAGI TUBUH, BATASI KONSUMSINYA SAAT LEBARAN YUK!

April 05, 2024 | Dea

bahaya sirup fruktosa, bahaya sirup, bahaya sirup bagi ibu hamil, bahaya minum sirup buat anak kecil, bahaya minum sirup tanpa di tambahkan air, bahaya sirup es buah, sirup gula fruktosa lebih berbahaya, yesdok

Sobat Yesdok, Lebaran adalah waktu yang menyenangkan di mana kita berkumpul dengan teman dan keluarga untuk merayakannya dengan makan-makan bersama. Namun, penting untuk mempertimbangkan dampak negatif pada kesehatan dari makanan dan minuman tertentu saat menikmati hidangan Lebaran. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengonsumsi sirup, yang biasanya digunakan dalam minuman manis. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Risiko Minum Sirup

Berikut adalah 6 risiko yang perlu anda ketahui terkait dengan minum sirup, serta mengapa perlu membatasi konsumsinya saat Lebaran, antara lain:
 

1. Penyumbang Utama Gula Tambahkan

Sumber utama gula tambahan dalam diet modern adalah sirup. Konsumsi gula berlebihan telah dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Mengonsumsi terlalu banyak sirup saat Lebaran dapat meningkatkan risiko terkena kondisi ini.
 

2. Meningkatkan Risiko Obesitas

Minuman manis dengan sirup sering mengandung banyak kalori tetapi tidak memberikan rasa kenyang yang lama, yang dapat menyebabkan penumpukan kalori berlebihan dalam diet, yang pada gilirannya dapat menyebabkan berat badan yang lebih besar dan risiko obesitas.
 

3. Berisiko Terkena Diabetes Tipe 2

Gula lain, seperti sirup, telah dikaitkan dengan kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Ini karena tubuh terpapar gula dalam jumlah yang berlebihan, yang dapat mengganggu fungsi insulin dan menyebabkan resistensi insulin, tahap awal diabetes tipe 2.
 

4. Memicu Masalah Kesehatan Jantung

Berlebihan gula dalam diet telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Konsumsi sirup yang berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.
 

5. Meningkatkan Risiko Kesehatan Mental

Menurut penelitian, konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya. Gula juga dapat memengaruhi neurotransmitter otak, yang mengatur suasana hati dan emosi.
 

6. Merusak Kesehatan Gigi

Sirup, seperti minuman manis lainnya, dapat merusak gigi anda. Bakteri dalam mulut mengubah gula menjadi asam, yang merusak enamel gigi dan menyebabkan karies atau kerusakan gigi.

Mengingat bahayanya, penting untuk mengurangi konsumsi sirup dan minuman manis lainnya selama perayaan Lebaran. Cobalah untuk menggantinya dengan minuman yang lebih sehat, seperti air mineral, teh herbal, atau minuman dengan lebih sedikit gula. Dengan cara ini, anda dapat menikmati perayaan Lebaran dengan cara yang lebih sehat dan tetap sehat, tanpa mengambil risiko yang tidak diinginkan.



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://pharmeasy.in/blog/10-harmful-effects-of-sugar/

https://www.cdc.gov/nutrition/data-statistics/sugar-sweetened-beverages-intake.html

https://www.health.harvard.edu/heart-health/the-sweet-danger-of-sugar

 

YesDok Ads