6 RESIKO TIDUR SETELAH SAHUR, HINDARI YUK!

March 13, 2024 | Dea

bahaya tidur setelah sahur, apa bahaya tidur setelah sahur, bahaya langsung tidur setelah sahur, bahaya tidur setelah makan sahur, bahaya tidur setelah sahur bagi kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, umat muslim di seluruh dunia menyambut bulan Ramadhan dengan gembira setiap tahunnya. Umat Islam menjalankan puasa di bulan suci ini, yang melibatkan menahan diri dari konsumsi makanan dan minuman dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Resiko Langsung Tidur Setelah Sahur

Setelah makan sahur, banyak orang melakukan kebiasaan yang harus dihindari, yaitu tidur langsung setelah makan. Meskipun ini mungkin tampak seperti cara yang bagus untuk menghabiskan waktu istirahat, faktanya adalah bahwa tidur setelah sahur memiliki efek negatif pada kesehatan.

Berikut adalah 6 resiko tidur setelah sahur yang sebaiknya dihindari, antara lain:
 

1. Gangguan Pencernaan

Jika langsung tidur langsung setelah sahur, anda berisiko mengalami masalah pencernaan seperti refluks asam lambung atau masalah pencernaan lainnya karena cairan lambung dapat kembali ke kerongkongan dan menyebabkan rasa terbakar di dada.
 

2. Gangguan Metabolisme

Setelah sahur, tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh. Ini karena ketika anda tidak bergerak banyak, metabolisme tubuh melambat, yang menghambat pembakaran kalori dan penyerapan nutrisi.
 

3. Penambahan Berat Badan

Seseorang sering merasa kenyang dan malas untuk beraktivitas setelah bangun tidur karena kebiasaan tidur setelah sahur dapat menyebabkan berat badan meningkat karena kurangnya aktivitas fisik dan kecenderungan untuk ngemil di malam hari.
 

4. Gangguan Pencernaan

Makanan berat saat sahur dan tidur langsung setelahnya juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit. Tidak berolahraga setelah makan juga dapat memperlambat fungsi pencernaan.
 

5. Gangguan Kualitas Tidur

Jika anda tidur langsung setelah sahur, anda mungkin mengalami masalah tidur seperti mimpi buruk atau bangun tidur dengan perut yang penuh dan tidak nyaman.
 

6. Gangguan Kesehatan Jantung

Risiko penyakit jantung meningkat jika anda tidur setelah sahur. Tekanan darah dan kolesterol tubuh dapat meningkat akibat makanan yang berat, terutama jika diikuti dengan kurangnya aktivitas fisik setelahnya.

Untuk menghindari resiko-resiko tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan, antara lain:
 

  • Usahakan untuk tidak tidur segera setelah sahur, sebaiknya tunggu 1-2 jam sebelum tidur.
     
  • Untuk menghindari beban pada pencernaan anda, pilih sahur yang ringan dan mudah dicerna.
     
  • Setelah sahur, lakukan aktivitas ringan seperti jalan-jalan atau shalat sunnah agar metabolisme anda tetap bekerja dengan baik.
     
  • Antara sahur dan tidur, minum cukup air putih untuk mempertahankan hidrasi.


 

Selama bulan Ramadhan, anda dapat mempertahankan kesehatan fisik dan mental yang baik dengan menghindari tidur segera setelah sahur dan menerapkan gaya hidup sehat.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/ramadan/how-to-sleep-better-in-ramadan

https://voi.id/en/lifestyle/45605

https://bingkaikarya.com/News/3-reasons-why-you-shouldnt-sleep-after-suhoor/

 

YesDok Ads