6 PENYEBAB RADANG TENGGOROKAN

February 23, 2024 | Dea

radang tenggorokan, ciri ciri radang tenggorokan, radang tenggorokan disebabkan oleh, penyebab radang tenggorokan, gejala radang tenggorokan, ciri radang tenggorokan, perbedaan radang tenggorokan dan amandel, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mengalami Radang tenggorokan? penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, adalah penyakit yang umum di seluruh dunia. Meskipun gejala ini mungkin mengganggu, memahami penyebabnya dapat membantu anda mencegah atau mengatasi kondisi ini dengan lebih baik. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Penyebab Radang Tenggorokan

Berikut Ini beberapa penyebab umum radang tenggorokan, antara lain:

 

1. Infeksi Streptokokus Grup A

Salah satu penyebab utama radang tenggorokan, terutama pada anak-anak, adalah infeksi bakteri Streptokokus Grup A. Bakteri ini dapat menyebabkan demam tinggi, sakit tenggorokan yang hebat, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
 

2. Infeksi Virus

Selain infeksi bakteri, virus juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Virus seperti virus flu (flu) atau virus penyebab pilek dapat menyebabkan sakit tenggorokan, pilek, dan demam.
 

3. Paparan Kuman dan Bakteri

Selain itu, terpapar kuman dan bakteri di lingkungan sekitar dapat meningkatkan risiko radang tenggorokan. Bersentuhan dengan orang yang sakit atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi tenggorokan.
 

4. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau kondisi kesehatan yang memburuk mungkin lebih rentan terhadap radang tenggorokan. Sistem kekebalan tubuh yang tidak berfungsi dengan baik membuatnya sulit melawan infeksi, meningkatkan risiko terkena radang tenggorokan.
 

5. Lingkungan yang Berdebu atau Beracun

Misalnya, polusi udara, asap rokok, atau bahan kimia beracun dapat merusak jaringan tenggorokan dan menyebabkan peradangan, sehingga menyebabkan radang tenggorokan.
 

6. Dehidrasi

Tenggorokan lendir dapat mengering, menyebabkan iritasi dan peradangan. Anda harus minum cukup air setiap hari karena kekurangan cairan dapat memperlambat penyembuhan radang tenggorokan.

Memahami penyebab radang tenggorokan adalah langkah pertama untuk mencegah dan mengatasi gejala. Anda dapat mengurangi risiko dan menjaga kesehatan tenggorokan dengan lebih baik dengan menjaga kebersihan, mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan menghindari faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terkena radang tenggorokan.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/groupastrep/diseases-public/strep-throat.html

https://www.healthdirect.gov.au/group-a-streptococcal

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/strep-throat/symptoms-causes/syc-20350338

 

YesDok Ads