6 PENYEBAB PARONIKIA, SERING MENGGIGIT KUKU

February 12, 2024 | Dea

Paronikia, paronikia kuku, paronikia kronis, diagnosa paronikia, apa itu paronikia, gejala paronikia, paronikia abses, paronikia adalah, yesdok

Sobat Yesdok, Salah satu kondisi medis yang disebut paronikia menyebabkan peradangan atau infeksi di sekitar kuku. Kebiasaan menggigit kuku adalah salah satu penyebab yang paling umum, tetapi ada juga beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena paronikia. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Paronikia

Berikut adalah enam penyebab dan faktor risiko utama terkait paronikia, antara lain:
 

1. Menggigit Kuku

Salah satu penyebab utama paronikia adalah gigit kuku, ini dapat menyebabkan trauma kecil pada kulit di sekitar kuku, memungkinkan jamur dan bakteri untuk masuk dan menyebabkan infeksi. Selain itu, jari-jari yang digigit sering dapat menjadi lembab, yang menciptakan lingkungan yang lebih ramah bagi mikroorganisme untuk berkembang biak.
 

2. Cedera Kecil

Selain itu, aktivitas sehari-hari seperti memotong kuku terlalu pendek, mendorong atau menarik kulit di sekitar kuku secara berlebihan, atau bahkan digigit dapat meningkatkan risiko paronikia dengan menyebabkan cedera kecil pada kuku atau kulit di sekitarnya.
 

3. Kontak Langsung dengan Bakteri atau Jamur

Salah satu faktor utama yang menyebabkan paronikia adalah kontak langsung dengan bakteri atau jamur. Ini dapat terjadi karena menggunakan peralatan manikur yang tidak steril, menggunakan alat yang terkontaminasi, atau sering berada di lingkungan yang lembab dan kotor.
 

4. Kondisi Medis yang Menyebabkan Kehilangan Imunitas

Beberapa kondisi medis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti diabetes, HIV/AIDS, atau pengobatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, juga dapat meningkatkan risiko paronikia.
 

5. Kondisi Kulit yang Menyebabkan Kelembaban Berlebih

Selain itu, kondisi kulit seperti dermatitis  atau psoriasis, yang berdampak pada area di sekitar kuku, dapat meningkatkan kemungkinan paronikia.
 

6. Pekerjaan atau Kegiatan yang Meningkatkan Risiko Cedera atau Paparan Mikroba

Tukang kunci, tukang cat, atau tukang kebun yang sering berurusan dengan air atau tanah adalah beberapa contoh pekerjaan atau kegiatan yang dapat meningkatkan risiko paronikia.
 

Paronikia adalah kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan estetika pada area di sekitar kuku. Menggigit kuku adalah penyebab utama, tetapi penting untuk memperhatikan kebersihan dan keamanan saat melakukan perawatan kuku.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Andazjuga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15327-nail-infection-paronychia

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK544307/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324059

YesDok Ads