6 PENYEBAB MATA KUNING, WASPADAI YUK

March 01, 2024 | Dea

mata kuning, penyebab mata kuning, mata kuning kenapa, kenapa mata kuning, cara menghilangkan mata kuning, bercak kuning pada mata, cara mengatasi mata kuning, apa penyebab mata kuning, yesdok

Sobat Yesdok, jika warna mata menjadi kuning, itu bisa berarti ada masalah kesehatan yang serius. Ketika bilirubin, pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan sel darah merah, menumpuk di dalam tubuh, mata kuning, atau ikterus, terjadi. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Penyebab Mata Kuning

Berikut adalah enam penyebab yang perlu diwaspadai terkait mata kuning, antara lain:
 

1. Penyakit Hati

Penyakit hati, seperti hepatitis atau sirosis, dapat mengganggu fungsi hati untuk mengeluarkan bilirubin dari tubuh, yang menyebabkan penumpukan bilirubin dan mata kuning.
 

2. Masalah pada Saluran Empedu

Sebab sumbatan pada saluran empedu, seperti batu empedu atau kanker empedu, dapat menghambat aliran bilirubin dari hati ke usus, yang dapat menyebabkan ikterus dan penumpukan bilirubin.
 

3. Infeksi

Infeksi hati seperti hepatitis virus atau infeksi lainnya yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan produksi bilirubin atau mengganggu kemampuan hati untuk mengeluarkannya, yang pada gilirannya dapat menyebabkan mata kuning.
 

4. Masalah Darah

Produksi bilirubin dapat meningkat karena beberapa kondisi yang mempengaruhi jumlah sel darah merah, seperti anemia hemolitik atau malaria, yang dapat menyebabkan penumpukan bilirubin di dalam tubuh dan ikterus.
 

5. Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat tertentu, terutama obat yang merusak hati, dapat menyebabkan mata kuning dan peningkatan kadar bilirubin dalam tubuh. Acetaminophen dalam dosis tinggi atau obat kimia tertentu adalah beberapa contoh obat yang dapat menyebabkan efek ini.
 

6. Masalah Genetik

Beberapa kondisi genetik, seperti sindrom Gilbert atau sindrom Crigler-Najjar, dapat menyebabkan peningkatan kadar bilirubin dalam tubuh, yang menyebabkan mata kuning. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kegagalan hati untuk mengurai bilirubin.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/a-to-z-guides/causes-of-yellow-eyes

https://www.healthline.com/health/yellow-eyes

https://www.medicalnewstoday.com/articles/312403

 

YesDok Ads