6 PENYEBAB MASSA OTOT YANG SEDIKIT MENYEBABKAN OSTEOPOROSIS

January 11, 2024 | Dea

apa penyebab osteoporosis, penyebab osteoporosis adalah, penyebab terjadinya osteoporosis, gejala tulang keropos, penyebab keropos tulang, pengeroposan tulang disebabkan oleh, yesdok

Sobat Yesdok, osteoporosis adalah kondisi medis yang memengaruhi kesehatan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Massa otot yang sedikit adalah salah satu faktor risiko yang perlu diperhatikan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Osteoporosis

Berikut ini beberapa penyebab osteoporosis karena massa otot yang sedikit, antara lain:
 

1. Kurangnya Aktivitas Fisik dan Latihan Teratur

Menjaga dan meningkatkan massa otot membutuhkan aktivitas fisik dan latihan teratur, terutama latihan beban atau resistensi. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penurunan massa otot yang pada gilirannya meningkatkan risiko osteoporosis.
 

2. Ketidakseimbangan Hormonal

Ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan massa otot yang sedikit dan risiko osteoporosis meningkat.
 

3. Asupan Nutrisi yang Tidak Cukup

Memiliki asupan nutrisi yang cukup, terutama kalsium dan vitamin D, dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan massa otot, jadi penting untuk mencegah osteoporosis.
 

4. Penuaan dan Penurunan Massa Otot yang Alami

Penurunan massa otot bersamaan dengan penuaan alami, yang meningkatkan risiko osteoporosis, dapat diatasi dengan latihan fisik yang teratur.
 

5. Penyakit dan Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Penurunan massa otot dapat disebabkan oleh beberapa penyakit kronis dan penggunaan obat-obatan tertentu. Risiko dapat berasal dari kondisi seperti osteoarthritis atau penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang.
 

6. Genetika dan Faktor Keturunan

Massa otot dan risiko terkena osteoporosis dapat dipengaruhi oleh gen. Masalah penyebab massa otot yang sedikit dan kemungkinan terkait dengan osteoporosis sangat kompleks. Dengan memahami faktor-faktor ini, kita dapat melindungi kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis dengan menjaga aktivitas fisik, mengonsumsi nutrisi yang cukup, dan mengelola kondisi kesehatan secara menyeluruh.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7861141

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/osteoporosis-and-exercise

https://www.health.ny.gov/publications/2047/

 

YesDok Ads