6 Penyebab BAB Berdarah

February 26, 2024 | Dea

tinja darah, tinja berdarah, penyebab tinja berdarah, tinja ada darahnya, darah pada tinja, tinja berdarah tapi tidak sakit, pendarahan pada tinja, penyebab tinja bercampur darah, yesdok

Sobat Yesdok, kondisi tinja berdarah, atau hematochezia, adalah kondisi yang seringkali mengejutkan dan memerlukan perhatian medis segera. Kehadiran darah dalam tinja dapat menunjukkan beberapa masalah kesehatan yang serius. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Penyebab BAB Berdarah

Berikut adalah 6 penyebab umum yang mungkin menyebabkan tinja berdarah, antara lain:
 

1. Wasir

Wasir juga disebut ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum. Wasir yang terluka atau teriritasi dapat menimbulkan darah merah terang yang terlihat di tinja atau kertas toilet setelah buang air besar.
 

2. Kondisi Inflamasi Usus

Peradangan dan luka di saluran pencernaan dapat disebabkan oleh penyakit inflamasi usus seperti penyakit Crohn atau kolitis ulseratif. Ini dapat menyebabkan tinja berdarah atau lendir.
 

3. Luka pada Saluran Pencernaan

Darah bercampur dengan tinja dapat terjadi karena penyakit pencernaan yang parah atau infeksi atau karena luka atau kerusakan pada saluran pencernaan akibat trauma, peradangan, atau kondisi medis tertentu.
 

4. Polip Usus

Polip usus adalah pertumbuhan abnormal yang terjadi di dalam usus besar. Beberapa jenis polip dapat berdarah dan menyebabkan tinja berdarah, terutama jika polip pecah atau terluka.
 

5. Kanker Usus Besar

Meskipun tinja berdarah tidak selalu merupakan tanda kanker, kanker usus besar, terutama kanker kolorektal, sering menunjukkan gejala seperti tinja berdarah.
 

6. Infeksi Saluran Pencernaan

Tinja berdarah dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, atau virus di saluran pencernaan, terutama jika infeksi menyebabkan luka atau peradangan di sana.

Penting untuk diingat bahwa tinja berdarah bukanlah kondisi yang seharusnya diabaikan. Jika anda mengalami gejala seperti tinja berdarah atau perubahan dalam pola buang air besar, nyeri perut yang parah, atau kelemahan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan diagnosis yang tepat.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/digestive-disorders/blood-in-stool

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/14612-rectal-bleeding

https://www.medicalnewstoday.com/articles/blood-in-stool#causes

 

YesDok Ads