Diet
+1

6 MANFAAT SUSU KEDELAI BAGI TUBUH, SIMAK YUK

January 05, 2024 | Dea

manfaat susu kedelai, protein susu kedelai, manfaat minum susu kedelai, khasiat susu kedelai, susu kedelai untuk diet, susu kedelai untuk ibu menyusui, apa manfaat susu kedelai, aturan minum susu kedelai, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa  susu kedelai telah menjadi alternatif yang populer bagi orang yang mencari pilihan nabati yang kaya nutrisi, susu yang berasal dari kedelai ini bukan hanya enak untuk dimakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Manfaat Susu Kedelai

Berikut ini beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh, antara lain:
 

1. Sumber Protein Nabati Berkualitas

Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, susu kedelai adalah sumber protein nabati yang luar biasa. Proteinnya yang berkualitas tinggi memenuhi kebutuhan asam amino tubuh.
 

2. Penuh Nutrisi Esensial

Mengandung banyak nutrisi esensial, seperti kalsium, zat besi, vitamin D, dan vitamin B12, susu kedelai membantu kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme.
 

3. Pilihan Rendah Kalori

Susu kedelai adalah pilihan sehat untuk pengelolaan berat badan jika memperhatikan asupan kalori anda. Ini karena susu kedelai seringkali kurang kalori daripada susu sapi biasa.
 

4. Dukungan Kesehatan Jantung

Selain itu, ada hubungan antara konsumsi susu kedelai dan keuntungan bagi kesehatan jantung. Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, protein kedelai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.
 

5. Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam susu kedelai dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu kesehatan seluler dan mengurangi risiko penyakit jangka panjang.
 

6. Pilihan Nabati untuk Intoleransi Laktosa

Susu kedelai bebas laktosa, sehingga ideal untuk orang yang intoleran terhadap laktosa.
 

Meskipun susu kedelai menawarkan banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk memastikan bahwa jumlah susu kedelai yang anda konsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan setiap orang. Dengan memasukkan susu kedelai ke dalam pola makan yang seimbang, mendapatkan kesehatan yang baik secara keseluruhan.

 

Untuk informasi lebih lanjut, anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/soy/

https://www.verywellhealth.com/is-soy-milk-good-for-you-8386140

https://www.healthline.com/nutrition/soy-milk-ingredients#nutrition

 

YesDok Ads