Seksualitas
Dewasa
+1

6 MANFAAT RUTIN BERHUBUNGAN INTIM BAGI KESEHATAN, PASUTRI WAJIB TAHU!

January 24, 2024 | Dea

manfaat berhubungan intim, manfaat berhubungan sex, manfaat hubungan seks, manfaat bersetubuh, manfaat berhubungan suami istri, manfaat seksual bagi kesehatan, manfaat bercinta setiap hari, yesdok

Sobat Yesdok, berhubungan intim bukan hanya meningkatkan keintiman antara pasangan, tetapi juga baik untuk kesehatan. Sangat penting bagi pasutri untuk memahami manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari melakukan hubungan seksual secara rutin dan sehat karena penelitian menunjukkan bahwa ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Manfaat Rutin Berhubungan Intim

Berikut ini beberapa manfaat melakukan hubungan intim bagi kesehatan pasutri, antara lain:
 

1. Menurunkan Stres

Kegiatan seksual dapat membantu mengurangi stres. Tubuh melepaskan hormon kebahagiaan, endorfin, selama berhubungan intim, yang dapat membantu menenangkan dan mengurangi kecemasan. Ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi tekanan pikiran sehari-hari.
 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain itu, berhubungan intim dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika anda melakukan aktivitas seksual secara teratur, anda mungkin melihat peningkatan jumlah immunoglobulin A (IgA) dalam tubuh. IgA adalah protein kekebalan tubuh yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.
 

3. Melancarkan Siklus Menstruasi

Bagi wanita, menjalani kehidupan seksual yang sehat dapat membantu siklus menstruasi mereka berjalan lebih lancar. Aktivitas seksual juga dapat memengaruhi hormon dalam tubuh, terutama hormon prolaktin dan estrogen. Hormon-hormon ini dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi gejala premenstrual.
 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat berhubungan intim adalah meningkatkan kualitas tidur karena aktivitas seksual merangsang pelepasan oksitosin dan endorfin, dua hormon yang dapat menciptakan perasaan nyaman dan mengurangi kegelisahan. Kedua hormon ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kesulitan tidur.
 

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kehidupan seksual yang teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara umum.
 

6. Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Berhubungan intim juga baik untuk kesehatan mental. Hormon-hormon seperti oksitosin dan serotonin dilepaskan saat berhubungan seksual, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. Pasangan dapat meningkatkan ikatan emosional dan mendapatkan dukungan emosional, yang dapat mengurangi risiko masalah kesejahteraan mental.

Pasangan dapat lebih termotivasi untuk merawat dan menjaga keintiman mereka jika mereka tahu manfaat kesehatan dari kehidupan seksual yang sehat. Kehidupan seksual yang teratur baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, untuk mencapai kesejahteraan secara keseluruhan, penting untuk memprioritaskan kehidupan seks yang sehat.
 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

 

REFERENSI

https://www.ohsu.edu/womens-health/benefits-healthy-sex-life

https://www.medicalnewstoday.com/articles/316954

https://www.healthline.com/health/healthy-sex-health-benefits#mental-health

YesDok Ads