6 MANFAAT MERICA BAGI KESEHATAN

April 03, 2024 | Dea

manfaat merica, manfaat merica untuk kesehatan, manfaat merica untuk wanita, manfaat merica hitam, apa manfaat merica, apa manfaat merica, merica manfaat, manfaat merica bagi kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, Merica juga disebut paprika atau lada adalah bumbu penyedap yang populer di masakan dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Baik untuk pencernaan maupun sistem kekebalan tubuh. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Merica 

Berikut adalah enam manfaat kesehatan dari merica yang perlu anda ketahui, antara lain:
 

1. Menyediakan Antioksidan yang Kuat

Merica mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C dan karotenoid, seperti beta-karoten, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan peradangan. Antioksidan ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.
 

2. Meningkatkan Metabolisme

Komponen aktif merica, seperti capsaicin, memiliki efek termogenik, yang berarti mereka dapat meningkatkan pembakaran kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ini dapat membantu dalam manajemen berat badan dan meningkatkan kinerja diet yang dirancang untuk menurunkan berat badan.

 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Konsumsi merica secara teratur dikaitkan dengan risiko penurunan penyakit jantung dan stroke. Ini karena merica mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah.
 

4. Membantu Pencernaan

Merica mengandung capsaicin, yang telah terbukti membantu pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus dan merangsang produksi cairan pencernaan. Ini dapat mencegah sembelit, meredakan gejala sindrom usus iritabel (SUI), dan meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.
 

5. Mengurangi Nyeri dan Peradangan

Capsaicin juga memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan. Nyeri pada sendi dan otot yang terkait dengan osteoartritis sering diobati dengan produk topikal yang mengandung capsaicin.
 

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Merica dapat mempercepat penyembuhan luka, mengurangi keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit dengan vitamin C, yang berperan penting dalam pembuatan kolagen yang diperlukan untuk kulit yang sehat.

Meskipun merica adalah bumbu pedas, itu juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme, melindungi kesehatan jantung, dan mengurangi peradangan. Jadi, merica dapat menjadi tambahan yang bagus untuk pola makan sehat.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://foodrevolution.org/blog/sweet-and-hot-pepper-benefits/

https://www.webmd.com/diet/peppers-health-benefits

https://health.clevelandclinic.org/red-pepper-benefits

 

YesDok Ads