6 JENIS MENU SEHAT UNTUK SAHUR

March 19, 2024 | Dea

menu sahur sehat, menu sahur sehat agar tidak lemas, menu sahur sehat dan praktis, menu makan sahur yang sehat, menu sahur yang sehat, contoh menu sahur sehat, yesdok

Sobat Yesdok, saat sahur, yang merupakan waktu penting dalam bulan Ramadan, orang Muslim makan untuk mempersiapkan diri untuk berpuasa sepanjang hari. Memilih menu sahur yang sehat dan bergizi sangat penting untuk tetap sehat dan energik selama puasa. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

6 Jenis Menu Sehat Sahur

Berikut adalah enam jenis menu sehat untuk sahur yang praktis dan bergizi, antara lain:
 

1. Oatmeal dengan Buah Segar

Untuk sahur, oatmeal adalah pilihan sarapan yang kaya serat dan nutrisi. Untuk rasa manis dan nutrisi alami, tambahkan buah segar seperti blueberry, stroberi, atau pisang.
 

2. Telur Rebus dengan Sayuran

Rebus telur dan sajikan dengan sayuran seperti mentimun, paprika, dan tomat untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan serat.
 

3. Smoothie Protein

Smoothie protein adalah pilihan sahur yang praktis dan cepat. Anda membuatnya dengan mencampur protein serbuk, susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran hijau seperti kale atau bayam untuk membuat campuran yang menyegarkan dan kaya nutrisi.
 

4. Roti Gandum Utuh dengan Alpukat

Roti gandum utuh adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik yang memberikan energi secara bertahap selama puasa. Sajikan roti gandum bersama alpukat untuk rasa yang lezat dan tambahan lemak sehat.
 

5. Sup Sayuran dengan Protein Tambahannya

Sup sayuran adalah sahur yang sehat dan ringan. Untuk menambah protein dan membuatnya lebih kenyang lebih lama, tambahkan daging ayam, daging sapi, atau kacang-kacangan ke dalam sup.
 

6. Yogurt Greek dengan Biji-bijian dan Madu

Yogurt Greek rendah lemak dan penuh protein. Untuk membuat yogurt lebih manis secara alami, tambahkan biji-bijian seperti biji rami, biji labu, atau chia seeds dan tambahkan sedikit madu.

 

Untuk menjaga energi dan kesehatan selama bulan Ramadan, pilihlah menu sahur yang sehat dan bergizi yang kaya protein, serat, vitamin, dan mineral. Masukkan makanan sehat seperti oatmeal, telur, sayuran, buah-buahan, dan yogurt ke dalam menu.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.amazingraze.com.sg/blogs/recipes/quick-delicious-sahur-recipes

https://www.msig.co.id/lifestyle-library/healthy-and-efficient-sahur-practical-menus-busy-workers

https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/ramadan/top-tips-for-ramadan-healthy-eating

 

YesDok Ads