6 HAL HARUS DIHINDARI SAAT HAMIL TUA

March 05, 2024 | Dea

aktivitas yang harus dihindari saat hamil tua, hal yang harus dihindari saat hamil tua, makanan yang harus dihindari saat hamil tua, hal yang harus dihindari saat kehamilan tua, yesdok

Sobat Yesdok, hamil tua adalah tahap yang sulit tetapi penting dalam perjalanan kehamilan, dan ibu hamil harus lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan mereka dan kesejahteraan janin. Untuk memastikan kehamilan berjalan lancar dan janin berkembang dengan baik, ada beberapa hal yang harus dihindari. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Masalah Saat Hamil Tua

Berikut adalah enam hal yang harus dihindari saat hamil tua, antara lain:
 

1. Terlalu Banyak Aktivitas Fisik yang Berat

Meskipun olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga dapat membantu kehamilan, terlalu banyak beraktivitas harus dihindari saat hamil tua. Ini karena terlalu banyak beraktivitas dapat meningkatkan risiko cedera dan membuat ibu hamil kelelahan yang berlebihan.
 

2. Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Baik alkohol maupun merokok dapat membahayakan perkembangan janin. Saat hamil tua, sangat penting untuk menghindari keduanya, karena keduanya dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, penundaan pertumbuhan janin, dan berbagai masalah kesehatan bayi lainnya.
 

3. Mengonsumsi Obat-obatan yang Tidak Aman

Untuk memastikan keamanan ibu dan janin, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun, termasuk suplemen vitamin atau herbal, selama kehamilan.
 

4. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan masalah kesehatan lainnya pada bayi. Karena itu, konsumsi kafein setiap hari harus dibatasi hingga 200 mg.
 

5. Terpapar Bahan Kimia Berbahaya

Paparan terhadap bahan kimia berbahaya seperti pestisida, cat, dan pembersih rumah yang keras harus dihindari oleh ibu hamil. Bahan kimia ini dapat membahayakan janin dan meningkatkan risiko kelahiran prematur atau kelainan lahir.
 

6. Terlalu Stres dan Cemas

Saat hamil tua penting untuk mengelola stres dengan baik melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau terapi bicara. Stres dan kecemasan berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Saat hamil tua, menjaga kesejahteraan ibu dan janin sangat penting. Ibu hamil dapat memastikan kelahiran yang aman dan bayi yang sehat dengan menghindari hal-hal di atas. Jika anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran selama kehamilan, selalu konsultasikan dengan bidan atau dokter. Ibu hamil dapat mengharapkan kehamilan yang positif dan memuaskan dengan perawatan yang tepat dan gaya hidup yang sehat.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.pregnancybirthbaby.org.au/things-to-avoid-during-pregnancy

https://www.healthline.com/health/pregnancy/things-not-to-do-while-pregnant

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322873

 

YesDok Ads