6 GEJALA MENGIDAP POLIP RAHIM

March 20, 2024 | Dea

apa itu polip rahim, penyebab polip rahim, pantangan polip rahim, gejala polip rahim, bentuk polip rahim, polip leher rahim, apakah polip rahim berbahaya, polip rahim bisa hamil, yesdok

Sobat Yesdok, polip rahim adalah pertumbuhan jaringan abnormal di dinding rahim atau endometrium. Meskipun polip rahim seringkali tidak menimbulkan gejala, beberapa wanita mungkin mengalami gejala yang mengganggu.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Gejala Polip Rahim

Berikut adalah enam gejala umum polip rahim, antara lain:
 

1. Perdarahan Abnormal

Perdarahan abnormal dari vagina adalah salah satu gejala utama polip rahim. Ini dapat berupa pendarahan diantara periode menstruasi, perdarahan setelah hubungan seksual, atau perdarahan yang lebih berat atau lebih lama dari biasanya selama menstruasi. Seseorang harus selalu diperiksa oleh dokter jika mereka mengalami perdarahan yang tidak teratur atau tidak terduga.
 

2. Nyeri Panggul atau Pendarahan Setelah Menopause

Wanita yang sudah menopause dan mengalami pendarahan vagina atau nyeri panggul harus waspada karena ini dapat menjadi gejala polip rahim. Pendarahan setelah menopause atau nyeri panggul yang tidak terkait dengan penyakit lain harus segera diperiksa oleh dokter.
 

3. Perubahan pada Siklus Menstruasi

Wanita dengan polip rahim dapat mengalami perubahan pada siklus menstruasi mereka, seperti menstruasi yang lebih lama atau lebih berat dari biasanya atau siklus yang tidak teratur.
 

4. Gejala yang Mirip dengan Gejala Kehamilan

Beberapa gejala polip rahim dapat serupa dengan gejala awal kehamilan, seperti mual, muntah, atau nyeri payudara. 
 

5. Infertilitas atau Masalah Kehamilan

Polip rahim juga dapat menyebabkan masalah kesuburan atau masalah hamil. Polip yang besar atau terletak di tempat yang mengganggu pertumbuhan janin atau implantasi telur yang dibuahi dapat mengganggu kehamilan atau meningkatkan risiko keguguran.
 

6. Gejala Bladder atau Bowel yang Mengganggu

Polip rahim yang besar atau menekan organ terdekat seperti kandung kemih atau usus dapat menyebabkan gejala yang berkaitan dengan organ-organ tersebut, seperti sering buang air kecil, rasa nyeri atau tekanan pada panggul, atau kesulitan buang air besar.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/uterine-polyps/symptoms-causes/syc-20378709

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14683-uterine-polyps

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6501471/

 

YesDok Ads