6 GEJALA KANKER KANDUNG KEMIH PADA PRIA

March 25, 2024 | Dea

kanker kandung kemih, apakah kanker kandung kemih bisa sembuh, gejala kanker kandung kemih, ciri ciri kanker kandung kemih stadium awal, ciri ciri kanker kandung kemih, kanker kandung kemih penyebab, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria adalah kanker kandung kemih. Sayangnya, gejalanya seringkali tidak terlihat pada tahap awal penyakit, membuatnya sulit untuk mendiagnosisnya lebih awal. Namun, memahami gejala yang mungkin muncul bisa membantu anda mendeteksinya lebih awal.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Kanker Kandung Kemih

Berikut adalah enam gejala kanker kandung kemih pada pria yang perlu diwaspadai, antara lain:
 

1. Pembekakan di Kandung Kemih

Pembengkakan atau ketidaknyamanan di daerah kandung kemih adalah salah satu gejala awal kanker kandung kemih. Ini bisa terasa seperti tekanan atau berat yang tidak biasa di bagian bawah perut atau panggul.
 

2. Sakit Perut atau Punggung Bawah

Ketika kanker telah menyebar ke jaringan atau organ di sekitar kandung kemih, itu mungkin menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut atau punggung bawah.
 

3. Perubahan pada Pola Buang Air Kecil

Tanda-tanda awal kanker kandung kemih dapat termasuk perubahan pada pola buang air kecil, seperti sering buang air kecil, sensasi seperti perlu buang air kecil segera setelah buang air kecil, atau kesulitan buang air kecil.
 

4. Darah dalam Urin 

Salah satu gejala umum kanker kandung kemih adalah darah dalam urin yang dapat berwarna merah muda atau merah tua. Namun, terkadang darah dalam urin juga bisa tidak terlihat secara kasat mata, jadi pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk mendeteksinya.
 

5. Nyeri saat Buang Air Kecil

Jika tidak ada infeksi saluran kemih yang dapat diidentifikasi sebagai penyebabnya, nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil (disebut disuria) dapat menjadi tanda kanker kandung kemih.
 

6. Penurunan Berat Badan yang Tidak Diinginkan

Jika kanker kandung kemih sudah berkembang menjadi tahap lanjut, itu dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan, kelemahan umum, dan kehilangan nafsu makan.

Sangat penting untuk memahami gejala kanker kandung kemih pada pria agar dapat dideteksi sejak dini. Meskipun beberapa gejala dapat berasal dari kondisi lain, seperti infeksi saluran kemih.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bladder-cancer/symptoms-causes/syc-20356104

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/cancer/cancer-types-in-adults/bladder-cancer/

https://www.health.harvard.edu/mens-health/bladder-cancer-men-at-risk

 

YesDok Ads