6 GEJALA FLU SINGAPURA PADA ANAK, WASPADAI MOMS!

January 24, 2024 | Dea

flu singapura, gejala flu singapura, flu singapura pada anak, ciri ciri flu singapura, ciri flu singapura sudah sembuh, flu singapura adalah, penyebab flu singapura, perawatan flu singapura, yesdok

Sobat Yesdok, apakah anda tahu tentang flu Singapura? atau yang juga disebut sebagai penyakit tangan-kaki-mulut, adalah penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan dapat menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan. Moms harus waspada dan mengambil tindakan segera ketika mereka mengalami gejala ini. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Gejala Flu Singapura

Berikut ini beberapa gejala yang perlu orangtua waspadai demi keselamatan sang buah hati, antara lain:
 

1. Ruam atau Luka Kecil pada Mulut, Tangan, dan Kaki

Salah satu gejala flu Singapura adalah ruam atau luka kecil yang dapat dilihat di mulut, tangan, dan kaki. Ruam ini dapat sangat nyeri dan membuat anak tidak nyaman.
 

2. Demam dan Malaise

Anak-anak yang terinfeksi flu Singapura biasanya mengalami demam tinggi, disertai dengan sakit kepala atau kelelahan, tingkat keparahan infeksi dapat berkisar dari ringan hingga parah.
 

3. Sakit Tenggorokan dan Nyeri Ketika Menelan

Anak-anak mungkin tidak nyaman atau tidak mau makan atau minum karena sakit karena gejala flu Singapura, seperti sakit tenggorokan dan rasa nyeri saat menelan.
 

4. Berkurangnya Nafsu Makan

Pada anak-anak, flu Singapura dapat mengurangi nafsu makan karena rasa sakit di mulut atau rasa tidak enak yang disebabkan oleh gejala flu.
 

5. Lemah dan Mudah Mengantuk

Anak-anak yang terinfeksi flu Singapura mungkin merasa lemah dan mengantuk, dan virus dapat membuat mereka lelah dan kurang energi.
 

6. Gejala Flu Umum

Selain gejala flu Singapura yang unik, anak-anak juga dapat mengalami gejala flu umum seperti pilek, batuk, dan nyeri tubuh. Gejala-gejala ini dapat membuat diagnosis lebih sulit karena mirip dengan gejala infeksi virus lainnya.



 

Langkah-langkah Pengobatan dan Pencegahan

Berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi jika anak terinfeksi flu, antara lain:
 

1. Berikan anak istirahat yang cukup

2. Pastikan anak menerima jumlah cairan yang cukup untuk memastikan mereka tetap terhidrasi.

3. Berikan obat penurun demam yang disarankan oleh dokter

4. Hindari kontak langsung dengan anak-anak lain untuk mencegah penyebaran virus

5. Bersihkan tangan dan permukaan dengan rajin untuk mencegah penularan


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hand-foot-and-mouth-disease/symptoms-causes/syc-20353035

https://www.emc.id/en/care-plus/child-suffers-singapore-flu-heres-how-to-treat-it

https://www.nuh.com.sg/Health-Information/Diseases-Conditions/Pages/Influenza-A---H1N1-(Children).aspx

YesDok Ads