6 FAKTOR LAMBUNG BOCOR, WASPADAI YUK!

May 08, 2024 | Dea

lambung bocor, ciri ciri lambung bocor, penyebab lambung bocor, gejala lambung bocor, ciri2 lambung bocor, makanan penyebab lambung bocor, lambung bocor disebabkan oleh, tanda tanda lambung bocor, yesdok

Sobat Yesdok, Lambung bocor, atau lebih dikenal dengan istilah "leaky gut syndrome", adalah kondisi di mana dinding usus menjadi lebih permeabel, memungkinkan zat-zat yang biasanya tidak dapat menembus ke dalam aliran darah untuk masuk. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah pencernaan dan penyakit autoimun. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Lambung Bocor

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan lambung bocor, antara lain:
 

1. Pola Makan Tidak Sehat

Makan banyak makanan olahan, gula, dan lemak jenuh dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan melemahkan dinding usus. Makan berlebihan makanan cepat saji dan minuman beralkohol juga dapat merusak lapisan usus, meningkatkan risiko lambung bocor.
 

2. Infeksi dan Penyakit

Beberapa penyakit dan infeksi dapat merusak dinding usus, menyebabkan usus menjadi lebih permeabel. Infeksi bakteri, virus, atau parasit juga dapat mengganggu keseimbangan mikrobioma usus, menyebabkan peradangan dan melemahkan penghalang usus.
 

3. Penggunaan Obat-obatan Tertentu  

Obat-obatan seperti antibiotik, antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan kortikosteroid dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dalam usus, sementara NSAID dan kortikosteroid dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada dinding usus, meningkatkan risiko lambung bocor.
 

4. Stres Kronis 

Stres jangka panjang dapat mempengaruhi seluruh sistem tubuh, termasuk usus. Hormon stres seperti kortisol meningkatkan peradangan dan melemahkan penghalang usus, yang pada akhirnya dapat menyebabkan lambung bocor.
 

5. Keseimbangan Mikrobioma Usus yang Terganggu  

Mikrobioma usus yang sehat memainkan peran penting dalam menjaga dinding usus kuat. Ketidakseimbangan mikrobioma dapat terjadi karena pola makan yang buruk, penggunaan antibiotik, atau faktor lain, dan ini dapat meningkatkan risiko lambung bocor.
 

6. Faktor Genetik 

Beberapa individu mungkin memiliki kecenderungan genetik yang membuat mereka lebih rentan terhadap lambung bocor. Kekuatan dinding usus dan kemampuan tubuh untuk menangani peradangan dapat dipengaruhi oleh gen. Individu dengan riwayat keluarga penyakit autoimun atau gangguan usus juga mungkin lebih rentan terhadap lambung bocor.



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.health.harvard.edu/blog/leaky-gut-what-is-it-and-what-does-it-mean-for-you-2017092212451

https://www.healthline.com/nutrition/is-leaky-gut-real

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22724-leaky-gut-syndrome

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.