6 CARA MENYEMBUHKAN LUKA BERNANAH DI KULIT

February 06, 2024 | Dea

cara menyembuhkan luka bernanah, cara menyembuhkan luka dengan cepat, cara menyembuhkan luka, cara cepat menyembuhkan luka, cara mempercepat penyembuhan luka, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda jika luka tidak diobati dengan benar, luka bernanah pada kulit dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Untuk memastikan pemulihan yang optimal, penyembuhan yang tepat perlu diperlukan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Cara Sembuhkan Luka Bernanah

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk menyembuhkan luka bernanah, antara lain:
 

1. Membersihkan Luka dengan Lembut

Langkah pertama dan paling penting adalah membersihkan luka dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Untuk melakukan ini, gunakan air hangat dan sabun ringan secara perlahan. Hindari penggunaan hidrogen peroksida atau alkohol, karena keduanya dapat merusak jaringan kulit yang sehat.
 

2. Gunakan Salep Antibiotik

Salep antibiotik dapat menghentikan atau menyembuhkan infeksi pada luka. Setelah membersihkan area luka, oleskan salep antibiotik yang disarankan dokter pada area luka. Pastikan anda mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.
 

3. Ganti Perban Secara Teratur

Selama proses penyembuhan, penggantian perban secara teratur sangat penting. Gunakan perban steril untuk melindungi luka dari kontaminasi luar. Pastikan untuk mengganti perban setiap hari atau sesuai dengan petunjuk dokter.
 

4. Konsumsi Nutrisi yang Diperlukan

Makan makanan yang sehat dapat mempercepat penyembuhan luka. Untuk mendukung pemulihan kulit, Anda harus makan banyak buah-buahan, sayuran, protein, vitamin C, dan vitamin A.
 

5. Hindari Memecahkan Nanah dengan Paksa

Terlepas dari kenyataan bahwa memecahkan nanah dari luka terkadang menarik, hal ini sebaiknya dihindari. Risiko infeksi dan kerusakan jaringan yang sedang tumbuh dapat meningkat ketika nanah dipecahkan dengan paksa. Biarkan peradangan dan penyembuhan berjalan secara alami.
 

6. Istirahat yang Cukup

Karena proses penyembuhan luka memerlukan energi tambahan, penting bagi tubuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan istirahat yang cukup akan membantu sistem kekebalan tubuh anda bekerja dengan baik.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325040

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/wounds-how-to-care-for-them

https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000741.htm

YesDok Ads