6 BAHAYA MAKAN JENGKOL BAGI TUBUH

February 19, 2024 | Dea

bahaya jengkol, bahaya makan jengkol, apakah jengkol berbahaya, bahaya jengkol bagi kesehatan, bahaya jengkol untuk ibu hamil, bahaya makan jengkol terlalu banyak, bahaya makan jengkol tiap hari, yesdok

Sobat Yesdok, Tahukah anda bahwa Jengkol adalah makanan yang populer di beberapa daerah di Indonesia. Jengkol memiliki rasa yang unik dan tekstur yang lembut, tetapi ada risiko yang terkait dengan terlalu banyak makan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Bahaya Makan Jengkol

Berikut ini beberapa dampak jika sering mengonsumsi jengkol bagi tubuh, antara lain:
 

1. Gangguan Pencernaan

Salah satu masalah utama yang terkait dengan mengonsumsi jengkol adalah masalah pencernaan. Ini karena jengkol mengandung senyawa sulfur seperti hidrogen sulfida dan methyl mercaptan, yang dapat menyebabkan gas yang berlebihan dalam sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan kembung, perut kembung, dan bahkan masalah pencernaan lainnya.
 

2. Risiko Kadar Asam Urat Tinggi

Semua orang tahu jengkol memiliki banyak purin, dan mengonsumsinya terlalu banyak dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Penyakit asam urat, yang ditandai dengan nyeri dan pembengkakan di sendi, dapat disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.
 

3. Gout atau Rematik Gout

Gout, atau rematik gout, adalah kondisi arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi. Konsumsi jengkol berlebihan meningkatkan risiko penyakit ini.
 

4. Risiko Penyakit Ginjal

Konsumsi jengkol berlebihan dapat menyebabkan penyakit ginjal, karena senyawa kimia dalam jengkol dapat menyebabkan batu di ginjal dan mengganggu fungsi normal ginjal.
 

5. Gangguan Sistem Saraf

Selain itu, beberapa kasus menunjukkan bahwa mengonsumsi jengkol dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf. Ini dapat disebabkan oleh senyawa kimia yang terkandung dalam jengkol, yang dapat menyebabkan gejala seperti pusing, kebingungan, dan bahkan kerusakan saraf.
 

6. Reaksi Alergi

Bagi orang yang rentan terhadap alergi makanan, jengkol dapat menyebabkan gejala ringan hingga parah, seperti ruam kulit, gatal-gatal, sesak napas, dan bahkan syok anafilaksis.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3998865/

https://medium.com/@delfinjefriansyah80/5-benefits-of-jengkol-for-health-and-its-side-effects-dcdff65015b6

https://ddhk.org/en/jengkol-causes-gout/

 

YesDok Ads