5 RISIKO MENGONSUMSI MICIN

March 07, 2024 | Dea

bahaya micin, apakah micin berbahaya, kenapa micin berbahaya, kenapa micin berbahaya bagi kesehatan, micin berbahaya, apakah micin berbahaya untuk kesehatan, bahaya micin untuk ibu hamil, yesdok

Sobat Yesdok, seringkali digunakan untuk meningkatkan rasa makanan adalah monosodium glutamate (MSG), juga dikenal sebagai micin. Terlepas dari fakta bahwa banyak produk makanan mengandung MSG, terdapat perdebatan tentang bagaimana efeknya pada kesehatan seseorang. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Risiko Micin

Berikut adalah 5 resiko yang mungkin terkait dengan mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, antara lain:
 

1. Reaksi Alergi dan Sensitivitas

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang dapat mengalami alergi atau sensitivitas terhadap MSG, yang dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, mual, kemerahan kulit, hingga kesemutan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi MSG dapat menyebabkan gejala-gejala ini pada individu yang sensitif terhadap MSG.
 

2. Memicu Migrain

Menurut beberapa penelitian, konsumsi MSG telah dikaitkan dengan serangan migrain pada orang yang rentan. Efek ini mungkin disebabkan oleh bagaimana MSG mempengaruhi pembuluh darah dan sistem saraf, yang dapat menyebabkan atau memperparah migrain pada orang yang rentan.
 

3. Gangguan Neurologis

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi MSG dalam jumlah besar dapat berkontribusi pada gangguan neurologis tertentu, seperti gangguan tidur, gangguan kognitif, dan bahkan risiko Parkinson, meskipun belum ada konsensus ilmiah tentang masalah ini. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan hasil ini.
 

4. Efek Negatif pada Kesehatan Jantung

Menurut beberapa penelitian pada hewan, konsumsi MSG dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Efek MSG pada metabolisme dan fungsi kardiovaskular mungkin menjadi penyebabnya, tetapi mekanismenya belum jelas.
 

5. Asupan Kalori yang Tinggi

Makanan yang mengandung MSG seringkali lebih kuat dan menarik, meningkatkan konsumsi kalori, meningkatkan risiko obesitas dan penyakit terkait lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung.
 

Beberapa orang mungkin tidak merasakan efek negatif micin, sementara yang lain mungkin lebih sensitif terhadapnya. Untuk mengurangi risiko, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung MSG dengan hati-hati dan perhatikan reaksi tubuh anda setelah mengonsumsinya.



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/monosodium-glutamate/faq-20058196

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5938543/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322303#overview

 

YesDok Ads