5 PENYEBAB UJUNG RAMBUT BERCABANG

February 15, 2024 | Dea

cara mengatasi ujung rambut yang kering dan bercabang, cara mengatasi ujung rambut bercabang, memotong ujung rambut bercabang, menggunting ujung rambut kering dan bercabang, yesdok

Sobat Yesdok, Ujung rambut bercabang adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi ketika lapisan pelindung alami rambut, yang disebut kutikula, rusak dan terbuka, menyebabkan ujung rambut menjadi rapuh dan pecah menjadi dua atau lebih bagian. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Ujung Rambut Bercabang  

Berikut beberapa penyebab utama ujung rambut bercabang serta cara mengatasinya, antara lain:
 

1. Paparan Panas Berlebihan dari Alat Pemanas

Alat pemanas seperti catok, hair dryer, atau curling iron dapat merusak kutikula rambut dan menyebabkan ujung rambut bercabang. Untuk mencegahnya, gunakan perlindungan panas sebelum menggunakan alat pemanas menggunakan suhu yang lebih rendah saat menata rambut.
 

2. Perlakuan Kimia yang Berlebihan

Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia seperti pewarnaan, bleaching, atau pengeritingan dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh, dan bahkan dapat menyebabkan ujung rambut bercabang. Untuk menghindari hal ini, gunakan produk perawatan rambut yang lebih lembut, kurangi penggunaan bahan kimia, dan rutin gunakan masker dan minyak rambut yang terbuat dari bahan alami.
 

3. Kurangnya Perawatan dan Kondisi Rambut yang Buruk

Jika rambut tidak dirawat dengan benar, seperti menggunakan sampo yang mengandung bahan kimia kuat, pelembab yang tidak cukup, atau sikat rambut yang kasar, ujung rambut dapat bercabang. Untuk menghindari masalah ini, gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan jangan sikat rambut saat rambut basah.
 

4. Paparan Lingkungan yang Merusak

Faktor lingkungan seperti sinar matahari, polusi udara, dan tingkat kelembaban yang rendah dapat merusak rambut dan membuat ujungnya bercabang. Anda dapat melindungi rambut dari faktor lingkungan ini dengan mengenakan topi atau scarf saat berada di bawah sinar matahari langsung, menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung filter sinar matahari, dan menggunakan kondisioner atau minyak untuk mempertahankan kelembaban.
 

5. Kurangnya Gizi dan Hidrasi

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral penting untuk kesehatan rambut dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh, dan meningkatkan risiko ujung rambut bercabang. Selain itu, sangat penting untuk minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh terhidrasi.

Meskipun ujung rambut bercabang dapat menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang, dengan perawatan dan perawatan yang tepat, anda dapat menghindari atau mengurangi kerusakan pada rambut. Mulailah dengan memahami penyebab potensial ujung rambut bercabang, lalu mulai melakukan perawatan yang sesuai untuk tetap sehat dan indah.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.webmd.com/beauty/what-to-know-about-split-ends

https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-split-ends

https://www.allthingshair.com/en-us/hair-care/dry-and-damaged-hair/what-causes-split-ends/

YesDok Ads