5 PENYEBAB TRAUMA BONDING

May 02, 2024 | Dea

Penyebab trauma bonding, hubungan toxic, toxic relationship, trauma bonding signs, breaking trauma bonds, trauma bonding adalah, trauma bonding narcissist, what is trauma bonding, trauma bonding, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda melihat teman terdekat atau kerabat anda sedang berada dalam situasi dan kondisi hubungan yang toxic? Parahnya lagi, dirinya menyadari bahwa sedang dimanipulasi pasangannya. Namun dirinya memilih untuk bertahan dalam hubungan tersebut. Sebenarnya apakah yang menyebabkan hal ini dapat terjadi?

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Trauma Bonding

Ikatan trauma atau trauma bonding, adalah suatu keadaan psikologis dimana seseorang merasa terikat secara emosional dengan orang yang telah menyakitinya. Umumnya dalam hubungan yang penuh kekerasan atau manipulasi. Ikatan ini seringkali begitu kuat sehingga korban merasa sulit untuk melepaskan diri, meskipun korban sudah menyadari sedang berada dalam kekacauan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mendasarinya, antara lain:
 

1. Siklus Kekerasan yang Berulang

Dalam hubungan di mana kekerasan berulang, trauma ikatan sering muncul. Siklus ini biasanya terdiri dari periode "bulan madu" di mana pelaku menunjukkan perhatian dan kasih sayang yang luar biasa, diikuti oleh periode pelecehan atau pelecehan. Pola naik-turun ini menimbulkan ketidakpastian emosional, membuat korban bingung dan bergantung pada pelaku.
 

2. Manipulasi Emosional

Dalam kasus trauma bonding, pelaku sering menggunakan taktik emosional untuk mengendalikan korban. Taktik-taktik ini bisa berupa gaslighting (membuat korban meragukan fakta atau ingatan mereka), membuat korban merasa bersalah, atau menciptakan ketergantungan emosional. Semua taktik ini membuat korban merasa meragukan diri sendiri dan percaya bahwa pelaku memiliki kontrol atas situasi atau kebenaran.
 

3. Selalu Memilih Bertahan

Korban trauma bonding sering memiliki keinginan untuk menolong atau menyelamatkan pelaku dari masalah mereka. Pelaku mungkin menggambarkan diri mereka sebagai orang yang rapuh atau bermasalah, yang membuat korban merasa bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki keadaan atau membantu pelaku menjadi lebih baik. Hal ini dapat membuat korban tetap dalam hubungan meskipun mereka tahu itu berbahaya atau merugikan.
 

4. Ketidakamanan Emosional dan Harga Diri Rendah

Jika seseorang tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat atau merasa tidak berharga, mereka lebih rentan terhadap manipulasi dan pelecehan, yang merupakan tanda trauma bonding. Kelemahan ini dimanfaatkan pelaku untuk membuat ketergantungan emosional dan mengontrol korban.
 

5. Ketakutan Akan Kehilangan atau Kesendirian

Faktor lain yang sering menyebabkan trauma hubungan adalah ketakutan akan kehilangan atau kesendirian. Karena mereka mungkin percaya bahwa mereka tidak akan menemukan cinta atau dukungan di luar hubungan yang merusak, korban mungkin memilih untuk bertahan meskipun mereka tahu ada risiko. Pelaku sering menggunakan ketakutan ini untuk mengontrol korban.

Membutuhkan pendekatan hati-hati untuk menangani trauma bonding, yang merupakan fenomena yang kompleks. Dengan bantuan yang tepat dan pemahaman yang mendalam, anda dapat menemukan jalan keluar dari hubungan yang tidak menyenangkan dan memulai perjalanan menuju penyembuhan dan kesejahteraan emosional.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://psychcentral.com/relationships/signs-of-traumatic-bonding-bonded-to-the-abuser#wanting-to-help

https://www.harleytherapy.co.uk/counselling/traumatic-bonding-break-trauma-bonds.htm

https://www.medicalnewstoday.com/articles/trauma-bonding

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.