5 PENYEBAB SULIT HAMIL

April 19, 2024 | Dea

penyebab sulit hamil, apa penyebab sulit hamil setelah kuret, apa penyebab wanita sulit untuk hamil, penyebab wanita sulit untuk hamil, apa penyebab sulit hamil, apa penyebab wanita sulit hamil, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun banyak pasangan menginginkan kehamilan, merencanakannya bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang. Berbagai hal, mulai dari masalah kesehatan hingga gaya hidup, dapat menyebabkan kesulitan hamil atau infertilitas. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Sulit Hamil

Berikut ini beberapa penyebab umum seseorang sulit hamil, antara lain: 
 

1. Masalah Ovulasi

Salah satu penyebab utama kesulitan hamil adalah ovulasi yang tidak teratur atau tidak terjadi sama sekali. Sindrom ovarium polikistik, atau PCOS, juga dapat mengganggu siklus ovulasi.
 

Solusi: Konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi hormon dan pemeriksaan yang tepat. Untuk merangsang ovulasi, mungkin diperlukan terapi hormonal atau pengobatan.
 

2. Masalah Sperma

Sulitnya pembuahan sel telur dapat disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk, jumlah sperma yang rendah, atau masalah dengan pergerakan sperma.
 

Solusi: Konsultasikan dengan dokter jika ingin melakukan tes kesuburan pria. Pilihan pengobatan dapat mencakup perubahan gaya hidup, penggunaan obat, atau prosedur medis seperti inseminasi buatan atau fertilisasi in vitro (IVF).
 

3. Endometriosis

Dalam endometriosis, jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim, yang dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut.
 

Solusi: Endometriosis dapat diobati dengan obat penghilang rasa sakit, terapi hormon, atau pembedahan untuk mengangkat jaringan yang terkena dampak.
 

4. Masalah Struktural pada Rahim atau Saluran Tubuh

Perjalanan sperma menuju sel telur atau implantasi telur yang telah dibuahi dapat terhambat oleh polip, fibroid, atau penyempitan saluran tuba.

 

Solusi: Untuk mengatasi masalah struktural ini, prosedur medis seperti histerosalpingografi atau laparoskopi dapat membantu. Pengobatan termasuk mengangkat fibroid atau polip atau memperbaiki saluran tuba.

 

5. Usia

Faktor usia juga memainkan peran penting dalam kesuburan. Kesuburan wanita menurun seiring bertambahnya usia karena jumlah dan kualitas sel telur menurun, terutama setelah usia 35 tahun.

 

Solusi: Pasangan dapat mempertimbangkan metode in vitro (IVF) atau penggunaan donor telur jika usia merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesuburan.

 

Pasangan yang ingin memiliki anak mungkin mengalami kesulitan hamil yang menantang secara fisik dan emosional. Namun, banyak pasangan dapat menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan memahami penyebab umum kesulitan hamil dan mendapatkan bantuan medis yang tepat.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.nhs.uk/conditions/infertility/causes/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16083-infertility

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/why-cant-i-get-pregnant

YesDok Ads