5 PENYEBAB MUNCULNYA KARANG GIGI

May 07, 2024 | Dea

penyebab karang gigi, karang gigi disebabkan oleh, apa penyebab karang gigi, karang gigi menyebabkan, penyebab gigi berkarang, penyebab adanya karang gigi, penyebab munculnya karang gigi, yesdok

Sobat Yesdok, Tartar, juga dikenal sebagai Karang Gigi merupakan tumpukan plak keras yang terbentuk pada gusi dan gigi. Karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, termasuk penyakit gusi dan kerusakan gigi. Sehingga penting untuk mengetahui penyebab munculnya karang gigi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Karang Gigi

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama munculnya karang gigi, antara lain:
 

1. Plak Gigi yang Tidak Dibersihkan

Plak gigi adalah lapisan tipis bakteri dan sisa makanan yang terbentuk di permukaan gigi dan dapat dihilangkan dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur. Plak ini muncul setiap hari. Plak, di sisi lain, akan mengeras menjadi karang gigi dalam waktu 24 hingga 72 jam jika tidak dibersihkan dengan benar. 
 

2. Kebiasaan Menyikat Gigi yang Buruk

Beberapa orang mungkin hanya menyikat gigi sekali setiap hari atau hanya menyikat bagian depan gigi, meninggalkan sisa plak di tempat lain, tetapi menyikat gigi dengan cara yang salah atau tidak teratur dapat menyebabkan plak menumpuk dan menjadi karang gigi.
 

3. Tidak Menggunakan Benang Gigi

Dengan menggunakan benang gigi, anda dapat membersihkan garis gusi dan sela-sela gigi, yang sering kali sulit dijangkau oleh sikat gigi. 
 

4. Pola Makan yang Tinggi Gula dan Karbohidrat

Minuman manis, makanan ringan bertepung, dan makanan tinggi gula lainnya dapat meningkatkan risiko munculnya karang gigi karena mereka memberikan nutrisi kepada bakteri plak, yang menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi dan mempercepat pembentukan karang gigi.
 

5. Kebiasaan Merokok dan Menggunakan Produk Tembakau

Merokok dan penggunaan produk tembakau lainnya dapat meningkatkan risiko munculnya karang gigi. Ini karena tembakau membuat plak menempel lebih kuat pada gusi dan gigi, yang kemudian mempercepat perkembangan karang. Merokok juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya, seperti penyakit gusi dan bau mulut.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter Gigi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/25102-tartar  

https://www.webmd.com/oral-health/tartar-dental-calculus-overview

https://medlineplus.gov/ency/article/002044.htm

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.