5 PENYEBAB DEMENTIA PADA SESEORANG

April 24, 2024 | Dea

penyebab demensia, penyebab demensia dini, faktor penyebab demensia, penyebab demensia pada lansia, penyebab alzheimer dan demensia, demensia disebabkan oleh, penyebab demensia di usia muda, yesdok

Sobat Yesdok, Dementia adalah kondisi menggambarkan gangguan kognitif yang parah yang mengganggu kemampuan seseorang untuk berpikir, mengingat, dan membuat keputusan. Gangguan ini biasanya cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan fungsi sosial. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Dementia

Dementia bukanlah penyakit tunggal, tetapi mencakup berbagai kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah lima penyebab utama yang dapat memicu munculnya dementia, antara lain:
 

1. Penyakit Alzheimer

Penyakit ini bertanggung jawab atas 60-80% kasus demensia. Penumpukan plak protein amyloid dan kusut protein tau di otak menyebabkan kerusakan dan kematian sel otak dan gangguan komunikasi antar sel.
 

2. Demensia Vaskular

Jenis dementia ini disebabkan oleh penurunan aliran darah ke otak; ini sering terjadi karena stroke atau beberapa mini-stroke. Ketika otak kekurangan oksigen dan nutrisi, sel-selnya mulai mati, menyebabkan gejala dementia.
 

3. Demensia dengan Badan Lewy

Penumpukan protein yang tidak normal yang disebut badan Lewy dalam sel-sel otak menyebabkan demensia ini. Protein ini mengganggu transmisi neuro dan dapat menyebabkan masalah fisik dan kognitif, seperti masalah dengan pergerakan dan persepsi visual.
 

4. Demensia Frontotemporal

Jenis ini dapat terjadi karena degenerasi pada lobus frontal dan temporal otak, yang dapat menyebabkan perubahan dalam perilaku, kepribadian, dan kemampuan bahasa. Dibandingkan dengan jenis demensia lainnya, demensia frontotemporal biasanya terjadi pada usia muda.
 

5. Demensia Campuran

Demensia campuran adalah kombinasi dari dua atau lebih jenis demensia, biasanya Alzheimer dan demensia vaskular. Ini dapat menyebabkan gejala yang lebih kompleks dan memerlukan perawatan yang lebih luas.

Usia lanjut, riwayat keluarga, gaya hidup tidak sehat, dan kondisi medis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah faktor risiko lain yang dapat meningkatkan kemungkinan demensia.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dementia/symptoms-causes/syc-20352013

https://stanfordhealthcare.org/medical-conditions/brain-and-nerves/dementia/causes.html

https://www.nhs.uk/conditions/dementia/about-dementia/causes/

YesDok Ads